Jakarta – Tim Suzuki Ecstar resmi meluncurkan motor GSX-RR untuk musim di Sepang International Circuit, Malaysia, Kamis (6/2).

Motor yang bakal ditunggangi oleh dan Joan Mir musim ini berbalut warna livery baru yang didominasi dua warna yaitu biru dan perak.

Livery baru ini terinspirasi dari warna motor Suzuki yang dikendarai oleh Ernst Degner yang suskes meraih gelar juara dunia 50cc pada 1962.

Dalam tayangan langsung peresmian dan keterangan persnya, sangat yakin menargetkan kemenangan lebih banyak tahun ini, terlebih kepuasan para pebalap terhadap kemajuan pengembangan Suzuki GSX-RR 2020.

Tahun 2020 ini, Suzuki juga merayakan 60 tahun partisipasinya di dalam ajang balap, sejak pertama kali turun di Isle of Man’s Tourist Trophy pada 1960.

Sejak itu, Suzuki telah mengantongi gelar juara dunia sebanyak 14 kali, hingga kemenangan terbaru pada tahun 2019 dengan Alex Rins di Grand Prix Amerika dan GP Inggris.

“Musim 2019 penting bagi kami karena kami menunjukkan kemajuan yang konsisten sepanjang tahun, dan saya percaya ini adalah jalan yang benar menuju kesuksesan,” kata manajer tim, Davide Brivio.

Menurutnya, Alex bertambah pengalamannya setelah tahun lalu tentunya dia semakin percaya diri.

“Dan kini kami punya Joan (Mir) setelah menjadi rookie di tahun pertamanya. Kami sangat yakin dengan potensinya dan kami ingin melihatnya memadukan semuanya, menggunakan pengalaman dan potensinya,” tukas Davide.

Di sisi lain, Shinichi Sahara, MotoGP Project Leader mengatakan, musim lalu memberi pelajaran penting bagi Suzuki untuk mencaoba lebih kompetitif dibandingkan dengan tim lain dan juga bisa meraih lebih banyak podium tahun ini.

“Sejak kembalinya kami di tahun 2015, kami telah melakukan langkah-langkah kecil namun mantap, yang sanggup membawa kami ke puncak kompetisi. Kami sekarang tertantang untuk lebih meningkatkan daya saing dan mampu bertarung secara konsisten ke posisi podium,” pungkasnya.

Sementara itu, Ken Kawauchi, Technical Manager mengatakan, model fairing motor baru tahun ini diharapkan bisa memberi dorongan untuk terus membawa peningkatan.

“Di era MotoGP saat ini, saya percaya bahwa itu dapat bekerja di masa depan juga. Kami telah mengembangkan spek mesin baru yang diapresiasi oleh Test Rider,” imbuhnya.

Di saat bersamaan, pebalap Alex Rins mengungkapkan bahwa musim lalu merupakaan perasaan paling menggairahkan di dunia untuk memenangkan balapan MotoGP pertama. Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan, dan kemenangan kedua juga terasa luar biasa.

Saya akan membawa emosi itu ke tahun 2020, serta kesadaran akan pertumbuhan yang saya buat. Salah satu pelajaran paling penting yang saya pelajari adalah bagaimana mengelola balapan dengan lebih baik, terutama ketika saya memimpin atau bertarung,” ujar Alex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here