Hadiri Cap Go Gomeh 2020 di . (Foto : )

Mengenakan pakaian khas , Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara perayaan yang diselenggarakan di Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (8/2).

Perayaan Cap Go Meh dimeriahkan dengan adanya berbagai stan makanan, minuman serta hiburan musik. Makanan yang disajikan pun beragam mulai dari makanan khas Tionghoa hingga kuliner Betawi ada di perayaan puncak Cap Go Meh.

Anies Baswedan Hadiri Cap Go Gomeh 2020.

Dalam sambutannya, Anies menyebut Glodok merupakan salah satu kawasan yang cukup tua di Jakarta dan memiliki sejarah yang panjang. Perayaan Cap Go Meh, menurut Anies, juga menjadi salah satu atraksi pariwisata bagi para turis di Jakarta.

Dalam akun Facebooknya Anies Baswedan menulis:
Sungguh bersyukur kita sama-sama hadir di perayaan Cap Go Meh di Pancoran Glodok, Ini ketiga kalinya Pancoran Chinatown menyelenggarakan dan saya bersyukur sudah tiga kali berturut-turut pula saya bisa hadir, kali ini menyambut Tahun Baru 2571.

Anies Baswedan Hadiri Cap Go Gomeh 2020. (Foto : Facebook Anies Baswedan)

Jakarta memiliki sejarah yang sangat panjang, dan Jakarta juga rumah bagi banyak suku bangsa budaya, termasuk juga masyarakat Tionghoa. Maka dari itu keberagaman suku bangsa budaya merupakan sebuah fakta yang diterima Jakarta, dan lebih dari itu persatuan antar suku bangsa inilah yang menjadi kekuatan kota Jakarta.

Kemeriahan Cap Go Meh tiap tahunnya semakin memperkuat persatuan warga kota Jakarta, di mana berbagai kalangan warga di Jakarta turut larut dalam perayaan Cap Go Meh.

Anies Baswedan Hadiri Cap Go Gomeh 2020. (Foto : Facebook Anies Baswedan)

Semangat merayakan Cap Go Meh di tempat ini menjadi atraksi turis di Jakarta, kami berharap di tempat ini pula semua bisa menyaksikan betapa persatuan hidup di kota ini dengan subur.”

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com, Anies menyebut perayaan Cap Go Meh ini paling tidak dua tujuan. Pertama, menjaga pertumbuhan budaya. Kedua, menggerakan perekonomian masyarakat.

“Dengan mengkombinasikan kebudayaan dengan perayaan dampak perekonomiannya terasa sekali,” ujarnya.

Anies Baswedan Hadiri Cap Go Gomeh 2020. (Foto : Facebook Anies Baswedan)

Lebih lanjut, Anies menyinggung ihwal negara Indonesia yang merupakan negara dengan beragam suku bangsa. Karenanya, Anies menilai menjaga persatuan menjadi salah satu hal yang paling penting.

“Persatuan ini yang harus kita terus hidupkan dan kita jaga kebhinekaan. Keberagaman adalah suratan Tuhan,” ujarnya.

Penjual Kerak Telor di acara Cap Go Meh 2020 Glodok. (Foto: Facebook Anies Baswedan)

Dalam perayaan Cap Go Meh tahun ini, sejumlah aksi atau pertunjukan juga tampak digelar, mulai dari barongsai hingga lion. Selain itu, beragam jajanan mulai dari makanan hingga minuman yang dijajakan di sepanjang jalan. (NSR/Elang News)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here