ELANGNEWS.COM – Persamaan Proses Transfer Neymar dan Ander Herrera Ketika Gabung Ke Manchester United. Sempat terhalang dari pihak La Liga, akhirnya Paris Saint Germain meresmikan pembelian striker Brasil, Neymar Junior. Jumlah buy out clause yang seniai 222 juta euro itu telah diterima oleh Barca. Saat itulah PSG mengumumkan mantan pemain FC Santos itu sebagai pemain anyarnya lewat akun twitter resmi klub.

Hal tersebut lebih dahulu dikonfirmasi Barcelona lewat situs resminya. Tim berjuluk Blaugrana itu menyebutkan bila Neymar bukanlah lagi pemain mereka setelah klausul pelepasannya diaktifkan. Walaupun demikian, mengenai penolakan dari pihak La Liga, Barcelona langsung menyerahkan hal itu kepada UEFA sebagai badan tertinggi sepak bola Eropa.

Kamis malam, perwakilan dari Neymar mendatangi kantor tim secara langsung serta melakukan pembayaran sebesar 222 juta euro untuk pemain bersangkutan supaya dapat memutus kontrak dari kedua kubu. Sedangkan pihak Barcelona bakal menangguhkan proses kepindahan ini kepada UEFA untuk bisa ditindaklanjuti lebih detail dari operasi tersebut sehingga mereka akan bertanggung jawab sendiri dari kemungkinan adanya pelanggaran,” demikian pernyataan Barca.

Sebagaimana aturan nilai pelepasan seorang pemain, nilai penebusan memang tak langsung diantara pihak tim penjual dan pihak tim pembeli, tapi wajib melibatkan pihak La Liga sebagai federasi. Tapi karena ada respon penolakan, pemain bersangkutan harus turun tangan supaya dirinya tidak lagi terikat dengan kontrak timnya, yang artinya berkaitan dengan La Liga, dengan menebus klausul pembelian. Karena masalah itulah Barcelona menyerahkan permasalahan ini kepada UEFA.

Apa yang dilakukan oleh Neymar ini bukanlah hal baru. Di musim 2014/15 lalu, Ander Herrera elakukan hal yang sama ketika dirinya akan bergabung ke Manchester United dari klubnya, Athletic Bilbao. Walaupun masalahnya sedikit berbeda lantaran pihak Bilbao menolak untuk melego pemainnya, tapi akhirnya Herrera dapat bergabung ke United selepas dia membayar nilai klausul pelepas senilai 35 juta euro.

Meski begitu, ini tak berarti kalau Herrera ataupun Neymar hengkang ke tim lain dengan berstatus bebas transfer. Karena pemain bersangkutan pun mendapat biaya pembayaran klausul pelepasan kontrak dari tim yang dari awal ingin mengatifkan klausul pelepasannya. Herrera ketika itu diperkenalkan United dengan pernyataan resmi jika mereka mengaktifkan nilai klausul pembelian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here