(Foto: Pontas.id)

Pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) yang meninggal pada 2 Februari 2020 lalu ternyata memiliki sisi lain yang sangat lembut yaitu sayang kepada binatang. Hal ini terungkap setelah viral foto piaraannya yang terbaring di dekat pusaranya.

Seperti yang dilansir oleh beritajatim.com, Azwani mengungkapkan, selama hidup Gus Solah gemar memlihara kucing. Bukan hanya jenis anggora, kucing kampung sekalipun dirawat. Hewan-hewan tersebut dibuatkan rumah khusus di kediaman Gus Sholah. “Dikasih makan, dimandikan, bahkan kalau sakit juga dibawa ke dokter,” ujar Azwani berkisah.

Kucing Gus Solah (Foto: Beritajatim.com)

“Makanya begitu ditinggal beliau (Gus Sholah), kucing-kucing itu seakan merasa kehilangan. Padahal, pada hari-hari biasa (sebelum Gus Sholah meninggal), hewan itu tidak pernah bermain di makam. Saya juga heran. Kok kucing itu tidur di makam, makanya saya abadikan gambarnya,” ujar Azwani.

Foto itupun menyebar dan viral di dunia maya. Beragam komentarpun bermunculan.

Joko Suwignyo

Kucing ini sangat menyayangi mbah gus .makanya si kucing begitu kehilangan. .kepergian mbah gus…. Kucing yg sangat peduli dengan jujunganya…..

Retno Agustin

Kasihan kamu cing………. tabah ya cing

Gogo Permadi

jadi sedih melihat nya….

Rois Zaenal Abidin

Kucing aja bersimpati sama yang memelihara. Semoga husnul khotimah

Camy Salleh

Ma Sha Allah, kesian kucing pasti rindu ama tuannya

Azwani berkisah, kucing-kucing tersebut selama ini tinggal di kediaman Gus Sholah. Bahkan, oleh Gus Sholah, dibuatkan rumah-rumahan untuk dijadikan tempat tidur. Bukan hanya jenis anggora, tapi jenis kucing kampung juga dipelihara. Setiap hari, kucing-kucing ini diberi makan. Bahkan, kalau sakit juga dibawa ke dokter hewan. “Beliau (Gus Sholah) sangat memperhatikan hewan piaraan itu.

Sebelumnya, beredar foto kucing berwarna kombinasi hitam putih tidur di sebelah makam Gus Sholah. Ada juga foto kucing sedang tiduran di atas peti jenazah. Tentu saja, beredarnya dua foto melalui media sosial memantik komentar panjang.

Kucing Gus Solah (Foto: beritajatim.com)

Kucing adalah binatang kesayangan Nabi Muhammad SAW. Tak diragukan lagi perilaku Gus Solah memelihara kucing adalah untuk mengamalkan sunah Nabi. Betapa sayangnya Nabi kepada kucingnya hingga dikisahkan suatu saat, di kala Nabi hendak mengambil jubahnya, ditemuinya Mueeza, kucing piaraan Nabi sedang terlelap tidur dengan santai diatas jubahnya. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, Nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya.

Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda : , “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari). (NSR/Elang News)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here