ELANGNEWS.COM – Julukan Baru Untuk Jose Mourinho. Jose Mourinho merupakan salah seorang pelatih yang berprestasi. Banyak gelar dia dapatkan semasa karir kepelatihannya di sepakbola Eropa. Tapi siapa sangka ternyata dia juga adalah pelatih yang lumayan boros, terutama tentang transfer pemain.

Mourinho adalah pelatih yang bisa dikatakan lumayan sukses. Melatih di sejumlah negara Eropa seperti, Portugal, Spanyol, Italia, bahkan Inggris, manager asal Setubal tersebut selalu dapat mengantarkan tim arahannya meraih sebuah gelar juara. Dia pernah membawa FC Porto menjadi juara Liga Champions, dan juga dengan FC Internazionale Milano. Chelsea atupun Real madrid pun juga pernah dia bawa merengkuh gelar domestik.

Tapi, didalam laporannya yang dikutp The Telegraph, disebutkan jika Jose Murinho merupakan pelatih pertama sepanjang sejarah yang lumayan boros saat mendatangkan pemain. Mourinho tercatat telah menghabiskan uang sebesar 1 miliar pounds saat membeli pemain, terhitung selama 17 tahun masa kepelatihannya. Catatan 1 miliar pounds itu pun pecah ketika Mourinho mendatangkan striker Everton, Romelu Lukaku dengan mahar 75 juta pounds.

Jumlah yang Mourinho catatkan itu lebih besar ketimbang yang di habiskan oleh pelatih-pelatih lain. Josep Pep Guardiola, pesaing Mourinho saat dia masih menjadi pelatih di Spanyol serta kini ketika kedua pelatih itu sama-sama menangani tim Inggris, total selama karir kepelatihannya menelan biaya 860 juta pounds.

Guardiola mulai menggelontorkan biaya cukup besar ialah saat dirinya mulai melatih Manchester City, di musim lalu, Guardiola telah menghabiskan uang cukup banyak dengan merekrut Danilo, Bernardo Silva, Benjamin Menct, dan Kyle Walker.

Sementara pelatih lain yang total pengeluaran nilai transfernya yang mendekati Mourinho ialah Carlo Ancelotti. Tapi catatan bagi Ancelotti, selain karena karir kepelatihannya yang lebih lama ketimbang Mourinho, dia pun sudah melatih banyak tim. Jumlah Anceloti sampai 970 pounds hingga saat ini untuk jumlah nilai transfer yang telah dia habiskan saat belanja pemain.

Dengan jumlah uang yang telah di gelontorkan Mourinho, juga dengan masa jabatan kepelatihannya yang sedikit daripada Don Carlo, bisa dikatakan jika Mourinho adalah pelatih yang boros.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here