MI. 2020 (Dokumentasi MI. by Achmad Fauzi)

Ada aktivitas tidak biasa pada Jumat, 31 Januari 2020 di Ibtidaiyah Nurul Islam, Rempoa, Tangsel. Seluruh warga sekolah ikut berpartisipasi dalam acara Market Day tahun 2020. Acara yang berlangsung dua tahun sekali ini diikuti dengan penuh antusias oleh segenap warga sekolah.

Peserta Market Day  adalah -siswi dari kelas 1 sampai kelas 6. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orangtua/wali murid. Dari pagi hari, anak-anak dengan dibantu oleh orangtua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia.

Kegiatan Market Day ini di pusatkan di lapangan utama MI. Nurul Islam. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah, Hj. Nur Amaliah, S. Ag pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan market day ini merupakan salah satu upaya untuk membangun dan menumbuhkan jiwa  atau kewirausahaan pada diri anak-anak sejak dini.

Usai dibuka secara resmi para siswapun segera menempati meja dagangannya masing-masing. Kegiatan jual belipun dimulai. Para siswa berkeliling mencari makanan dan minuman yang menarik minat mereka. Mereka belajar berhitung dalam kegiatan Market day ini. Pembeli mengetahui harga produk. Dan Pedagang harus tahu berapa uang yang harus dikembalikan. Sebuah pelajaran penting tentang entrepreneurship.

Market Day MI. Nurul Islam 2020 (Dokumentasi MI. Nurul Islam by Wali Murid)
Market Day MI. Nurul Islam 2020 (Dokumentasi MI. Nurul Islam by Achmad Fauzi)

Bukan hanya keterampilan menghitung yang dibutuhkan, ada beberapa nilai atau jiwa yang harus dimiliki dan dapat ditumbuhkan dalam diri mereka. Salah satu diantaranya adalah keberanian. Mereka harus berani menjual dan menawarkan barang dagangannya. Disinilah kemampuan marketing siswa akan terasah.

Beragam makanan dan minuman dijajakan dalam Market Day Nurul Islam 2020. Namanya pun unik-unik. Sebut saja ada Sephagety Ceria, Bola-bola Rindu, Bakso Berendam, Sate Sukaria dan masih banyak lagi.

Market Day MI. Nurul Islam 2020 (Dokumentasi MI. Nurul Islam by Achmad Fauzi)

Meja mereka pun dihias sedemikian rupa hingga mempunya tema tertentu. Ada yang bertema Pelangi, Bola, Go Green dan Bintang. Para wali murid begitu antusias dengan kegiatan ini. Mereka bahu membahu membuat booth agar terlihat cantik dan menarik.

Yang menarik dari kegiatan Market Day ini adalah ‘Membeli Berarti Bersedekah’. Keuntungan dari hasil penjualan barang-barang di acara ini akan disumbangkan ke sekolah untuk membuat ruang kelas yang baru. MI Nurul Islam sedang membuat ruang kelas baru karena siswa mereka yang semakin banyak setiap tahunnya. (NSR/Elang News)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here