Terpapar Corona (Sumber: Pikiranrakyat.com)

atau Covid-19 terus menyebar ke segala penjuru dengan begitu cepat. Selain Jakarta, Tangerang Selatan (Tangsel) yang bersebelahan langsung dengan Jakarta juga terpapar penyakit covid-19.

Kabar terakhir yang kami kutip dari Kompas.com hingga Kamis (26/3/2020) kemarin, tercatat ada 204 kasus yang masuk ODP (orang dalam pemantauan), 89 PDP (pasien dalam pengawasan), 17 terkonfirmasi positif, dan empat orang meninggal karena Covid-19. Empat orang meninggal tersebut tersebar di Kecamatan Pondok Aren, Ciputat, dan Ciputat Timur.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan sendiri telah menaikan status di wilayahnya dari kejadian luar biasa (KLB) menjadi tanggap darurat terkait mewabahnya virus corona. Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, kenaikan status tersebut setelah penyebaran virus corona telah merata di seluruh kecamatan wilayah Tangerang Selatan.

“KLB waktu itu kita tetapkan karena penyebaran itu masih pada dua atau tiga kecamatan. Tetapi setelah penyebarannya sudah ada di 7 kecamatan maka kemudian statusnya ditingkatkan menjadi tanggap darurat,” ujar Benyamin saat dikonfirmasi, Kamis (26/3/2020).

Nantinya status tanggap darurat diprediksi akan berlangsung hingga bulan April sesuai situasi dan kondisi wabah corona. “Kalau misalnya akan diperpanjang dan tampak akan diperpanjang itu akan kita perpanjang,” kata Benyamin.

Satuan Gugus Tugas Tangerang Selatan merilis data terbaru sebaran kasus Covid-19 tingkat kecamatan pada Kamis malam. Adanya data itu diharapkan masyarakat dapat mencegah aktivitas yang dapat mempermudah penularan.

Data itu berisi sebaran ODP atau orang tidak bergejala sakit tetapi pernah berhubungan dengan pasien dan terduga pasien Covid-19; sebaran PDP atau orang bergejala terjangkit Covid-19 sehingga dirawat; dan sebaran kasus konfirmasi positif Covid-19.

Berikut daftarnya :

– Kecamatan Serpong Utara : 14 kasus terdiri dari 10 ODP, 3 PDP, dan 1 positif.

– Kecamatan Serpong : 60 kasus terdiri dari 40 ODP dan 20 PDP

– Kecamatan Setu : 3 kasus dengan 3 ODP

– Kecamatan Ciputat : 52 kasus terdiri dari 38 ODP, 12 PDP, 1 positif dan 1 meninggal

– Kecamatan Pondok Aren : 110 kasus terdiri dari 61 ODP, 38 PDP, 9 positif, dan 2 meninggal.

– Kecamatan Pamulang : 52 Kasus terdiri dari 39 ODP, 8 PDP, 5 positif.

– Kecamatan Ciputat Timur : 23 kasus terdiri dari 13 ODP, 8 PDP, 1 positif dan 1 meninggal.

Melihat data di atas untuk sebaran wilayah, paling tinggi terdapat di wilayah Kecamatan Pondok Aren dengan total 110 kasus, dan paling sedikit berada di wilayah Kecamatan Setu dengan tiga kasus. (Nasuri Suray/Elang News)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here