Dengan format ini, setiap negara bakal melakoni 2 pertandingan kandang serta 2 pertandingan tandang di babak grup. Penentuan laga kandang-tandang itu akan di dasarkan pada pengundian yang di lakukan oleh AFF.

ELANGNEWS.COM – Pergelaran Piala AFF 2018 Akan Memakai Format Baru. AFF Cup bakal kembali digelar di tahun 2018 nanti, selepas kali terakhir digelar di 2016 lalu dengan Thailand keluar sebagai juara. Tapi untuk gelaran tahun 2018 nanti, bakal ada beberapa aturan anyar yang diakai oleh AFF. Dalam pertemuan Council Meeting of the AFF yang ke 12, Bali 23 September 2017. Pertemuan itu membahas format kompetisi.

Rencananya, AFF Cup 2018 akan digelar di 8 November hingga 15 Desember 2018. Ada 10 negara yang bakal berpartisipasi, dengan 1 tempat di perebutkannn oleh Timor Leste dan Brunei Darussalam lewat babak kualifikasi yang bakal di laksanakan 3 dan 11 September.

Jika biasanya fase grup AFF Cup dilakukan dengan format 2 grup dan 2 negara (1 selaku tuan rumah dalam satu grup), di AFF Cup 2018 mendatang bakal ada format anyar yang dipakai AFF. 10 negara masih bakal terbagi dalam 2 grup, tapi pertandingan tak akan di pusatkan pada satu negara.

Dengan format ini, setiap negara bakal melakoni 2 pertandingan kandang serta 2 pertandingan tandang di babak grup. Penentuan laga kandang-tandang itu akan di dasarkan pada pengundian yang di lakukan oleh AFF.

Contohnya seperti ini, Indonesia ada dalam satu grup bersama Myanmar, Laos, Kamboja, dan Malaysia. Indonesia pun mempunyai peluang untuk berlaga di markas sendiri kontra Malaysia dan Laos, dan melakoni pertandingan tandang ke Kamboja dan Myanmar. Intinya, bakal ada 2 pertandingan kandang serta 2 pertandinagn tandang yang dilakoni dalam babak grup.

Tapi di babak semi-final dan final, formatnya belum berubah. Pertandingan semi-fina dan final masih bakal berjalan 2 putaran dengan format kandang-tandang.

Lebih jauh lagi, selain permasalahan kompetitif atau tidak, format anyar ini juga jadi semacam keadilan tersendiri untuk beberapa tim seperti Laos, Kamboja, atau Filipina. Mereka juga memiliki peluang untuk bermain di markas sendidi di babak grup, tanpa wajib lolos ke babak semi-final. Dukungan dari ribuan suporter, setidaknya bakal memantik semangat mereka guna memenangi laga di babak grup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here