Di pertandingan ke tiga babak kualifikasi Piala Asia U16, tim arahan Fakhri Husaini sukses mengaahkan Thailand yang berstatus tuan rumah dengan hasil 0-1.

ELANGNEWS.COM – Kemenangan Indonesia dari Thailand serta Tiket Menuju Piala Asia U16. Thailand termasuk kekuatan sepakbola Asia Tenggara yang sangat sulit untuk dikalahkan. Dalam 2 kompetisi terakhir (AFF Cup U19 Myanmar dan SEA Games 2017), mereka sukses meraih gelar juara dan membawa pulang medali emas. Berhadapan dengan Thailand seolah menjadi mimpi buruk untuk negara-negara yang tergabung di Asia Tenggara.

Tapi timnas Indonesia U16 berhasil membalikkan semua itu. Mereka memperlihatkan jika tak ada yang harus ditakutkan dari Negeri Gajah Putih tersebut. di pertandingan ke tiga babak kualifikasi Piala Asia U16, tim arahan Fakhri Husaini sukses mengaahkan Thailand yang berstatus tuan rumah dengan hasil 0-1.

Kemenangan tersebut juga memastikan langkah Indonesia dengan lolos ke babak final Piala Asia U16, yang digelar di Malaysia pada 2018 nanti. Indonesia pun hanya memerlukan hasil imbang kontra Laos di pertandingan pamungkas babak penyisihan Grup, pada Jumat, 22 September 2017 besok guna menjadi jawara grup.

Dengan hasil ini, kita pantas berharap dapat mengulangi prestasi tim nasional Indonesia U19 di tahun 1990 silam. Benar, 27 tahun yang lalu, Skuad Garuda Indonesia yang saat itu dilatih oleh H Nuni Martasaputra, terbang menuju Uni Emirat Arab guna menjalani kompetisi Piala Asia U16.

Di babak grup, Indonesia ada dalam Grup II bersama Arab Saudi, Qatar, dan Korea Selatan. Tapi, lantaran ada suatu halangan lain, Arab Saudi pun memilih mengundurkan diri. Di sisi lain, dalam Grup I ada Yordania, Cina, India, dan Uni Emirat Arab selaku tuan rumah.

Indonesia berhak melaju ke babak semi-final dengan berstatus runner up Grup II. Tapi, Skuad Garuda Muda saat itu kalah dengan skor 2-0 dari tuan rumah di 4 besar. Serta pada perebutan posisi ke 3, lagi-lagi Indonesia mengalami kekalahan dari Cina. Oleh sebab itu, pupuslah harapan Indonesia untuk menjajal Piala Dunia U17 ketika itu.

Semoga saja, hasil bagus di Bangkok dapat berlanjut di tahun depan di Negeri Malaya serta Sutan Zico dkk dapat menjajal panggung besar Piala Dunia U17.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here