Pada tahun 1975, Cornforth menerima Nobel di bidang Kimia karena penelitian struktur tiga dimensi tersebut

ELANGNEWS.COM – Siapa Pria yang Di Jadikan Doodle Google Kali Ini?. Seperti biasa, dalam mesin pencarian google selalu ada gambar doodle sebagai bentuk apresiasi dari google terhadap seseorang atau hal yang berpengaruh terhadap dunia. Hari ini, kita bisa melihat doodle google tersebut menunjukan pria berkacamata yang di kelilingi berbagai simbol yang melambangkan dirinya, yakni peralatan laboratorium kimia dasar, seperti gelas ukur hingga cawan penguap.

Pria tersebut adalah Sir John Warcup ‘Kappa’ Cornforth FRS (lahir di Sydney, 7 September 1917 – meninggal di Brighton, 14 Desember 2013 pada umur 96 tahun), ialah seorang ilmuwan yang memenangkan Nobel Kimia pada tahun 1975 untuk karyanya pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim. Ia sudah sangat tuli sejak remaja.

Cornfort lahir di Sydney, Australia. Saat itu ia di didik di Sydney University. Ia mulai di didik sejak berumur 16 tahun, dimana ia pun bertemu dengan Rita Harradence, yang kini menjadi isterinya. Ia juga belajar kimia organik dan mendapat penghargaan dan medali universitas pada tahun 1937. Ia memenangkan beasiswa lalu pindah bersama istrinya, Rita.

Pada usia 20 tahun, ia harus menrima kenyataan bahwa ia kehilangan pendengaran alias tuli. Meskipun begitu ia tetap rajin belajar dan meneliti hal-hal baru. Cornforth bergabung dengan tim yang mempelajari penisilin. Ia juga terus meneliti struktur tiga dimensi atau stereokimia dari berbagai reaksi kimia. Pada tahun 1975, Cornforth menerima Nobel di bidang Kimia karena penelitian struktur tiga dimensi tersebut. Cornforth dan rekannya, Vladimir Prelog kembali mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Hasil penelitian ini berhasil membuka pintu bagi banyak penemuan, misalnya dalam pengembangan obat penurun kolesterol.

Karena penemuan dan karyanya yang sangat bermanfaat bagi manusia di dunia, google pun turut merayakan ulang tahunnya yang ke- 100 melalui doodle google hari ini. Beliau meninggal di usia 96 tahun setahun setelah istrinya lebih dulu wafat pada umur 97 tahun. Mereka berdua hebat ya, guys! Semoga dari kita ada penerus yang seperti mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here