Pesawat N219 adalah pesawat generasi kedua setelah GatotKaca N20 yang terbang perdana 10 agustus 1995.

Sang pilot, Ester Gayatri Saleh mendaratkan pesawat N219 setelah melakukan uji terbang selama 26 menit di udara,

ELANGNEWS.COM – Pesawat N219 Buatan Anak Bangsa Diuji Terbang Oleh Pilot Perempuan. Pesawat buatan anak bangsa N219 terbang perdananya tepat sehari sebelum HUT kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia di bandara Internasional Husein Sastra Negara Bandung, Rabu 16 agustus 2017 . Pesawat angkut ringan berkapasitas 19 orang ini terbang tepat pukul 9 lebih 13 menit. N219 Melakukan uji terbang selama 26 menit di udara, pesawat ini mendarat pada pukul 9 lebih 39 menit. Uji coba ini disaksikan oleh kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Direktur Jendral Perhubungan Udara Agus Santoso, Dirut PT Dl Budi Santoso dan seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris PT Dl.

Uji coba penerbangan ini dilakukan setelah purwarupa pertama pesawat N219 mendapatkan certificate pf airworthiness dari Direktorat Kelayakudaraan dan Pengoperasional Pesawat Udara Kementerian Perhubungan.

Pesawat N219 menjadi pesawat generasi kedua yang dibuat Indonesia setelah pesawat GatotKaca N20 yang terbang perdana 10 agustus 1995. Bedanya pesawat N219 murni buatan anak-anak bangsa, N219 arti berarti nusantara mesin dengan 19 penumpang. Ada yang menarik dalam uji terbang ini, karena pesawat N219 diterbangkan oleh pilot uji perempuan Ester Gayatri.

Tak hanya sekedar menerbangkan, namun perempuan berusia 55 tahun ini terlibat mulai dari produksi pesawat hingga menenrukan pesawat baru apakah layak untuk di produksi kepada calon pembeli.

“Saya memang di tempa dari nol melakukan jenis terbang seperti ini, tes-tes ini bener-bener saya ditempa.” ungkap Ester Gayatri.

Ester Gayatri Saleh usai mendaratkan pesawat N219, rasa bangga juga haru tertanam dalam dirinya, karena pesawat tersebut diterbangkan oleh dirinya sendiri menjelang HUT ke 72 Republik Indonesia 2017.

“Bangga sekali, terlebih ini kan bertepatan dengan jelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia juga kita bisa menghadirkan produk anak bangsa yang semuanya dibuat PT Dl.” Terang Ester.

Ester bukanlah pilot kemarin sore, karena dia sudah menjadi pilot selama 31 tahun. Dengan 6500 jam terbang. Uniknya jam terbang Ester di dominasi untuk uji terbang, sebuah profesi yang jarang diminati pilot pada umumnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here