Imbangi kesibukan dengan me-time! Apa sih me-time itu? Konkretnya sih, kita menghabiskan waktu hanya untuk diri kita sendiri dan terpusat hanya pada diri sendiri.

ELANGNEWS.COM, Jangan Galau! Lakukan Ini Agar Sehat dan Bahagia – Halo para generasi muda! Sedang apakah kalian? Saya percaya, apapun yang kalian lakukan hari ini, semuanya itu tidak akan sia-sia. Semuanya itu tentu dilakukan sebagai upaya mempersiapkan masa depan, kan? Baiklah, masa depan itu tidak pernah main-main. Harus ada persiapan panjang menuju kesuksesan melalui masa depan itu sendiri. Tahu gak, kesuksesan bakal menjadi barang langka yang sulit diraih jika kondisi kesehatanmu sering drop alias kamu sering sakit. Berikut adalah uraian enam tips menjaga kesehatan dan menjaga kebahagiaan! Karena sehat dan bahagia itu berhubungan dekat lho!

Makan yang ‘Baik’
Kata orang, mulutmu harimaumu. Selain itu, kamu juga tercermin lewat makanan yang kamu makan. Dalam hal menjaga kesehatan, kamu perlu mengontrol makanan yang masuk ke mulutmu agar kesehatanmu tetap terpelihara dengan baik. Biasanya, beberapa penyakit datang melalui makanan yang tidak sehat. Saya percaya, orang yang bijak adalah orang yang mampu mengontrol pola makannya dengan baik serta menjaga makanan-makanan yang masuk ke dalam mulutnya. Buah dan sayur menjadi menu sehat yang wajib kamu santap demi mewujudkan pribadi produktif yang tidak mudah sakit.

Olahraga yang ‘Baik’
Selain makanan, tubuhmu juga perlu disuplai dengan olahraga yang baik agar selalu bugar dan sehat. Tidak perlu yang berat-berat kok. Intinya adalah kamu harus konsisten dan teratur dalam menjalankan olahragamu. Beberapa anak kos memilih jalan ke kampus dari kos mereka yang tidak terlalu jauh. Atau orang tua yang masih suka berenang, memanfaatkan olahraga ini sekaligus sebagai hiburan setiap akhir pekan. Anak muda lainnya bermain bulu tangkis dua kali seminggu untuk berolahraga sekaligus mencari lebih banyak teman. Menyenangkan kan? Selain menyehatkan, efek samping dari olahraga itu sendiri akan membuatmu bahagia. Karena beraktivitas dan menggerakkan memang jadi satu kegiatan membahagiakan buat anak muda kan? Yuk, mulai hari ini, rajin-rajinlah berolahraga demi hidup yang lebih sehat dan bahagia!

Istirahat Teratur
Oke deh, saya harus jujur kalau saya juga senang melihat anak muda yang produktif, yang bisa terus menulis naskah hingga larut malam, mengerjakan skripsi dengan begadang semalaman, latihan vokal hingga waktu tidurnya terkuras. Di satu sisi, ada kebanggan tersendiri ketika seseorang yang masih muda mampu mengerjakan banyak hal dalam hidupnya, menjadi produktif, berkarya, dan menghasilkan banyak hal. Namun, tetap saja, mengorbankan waktu tidurmu tidaklah sebaik yang kamu pikirkan. Kamu memang akan terlihat bersinar dengan pencapaianmu yang baik, tapi kalau setelah itu tubuhmu menjadi tidak fit dan kamu tidak terlalu sehat, apa artinya semua itu dong? Pada akhirnya, semuanya kembali lagi pada masalah mengatur waktu. Kamu perlu me-manage waktumu sebaik mungkin agar semuanya seimbang. Kegiatan-kegiatan penting, kursus untuk mengembangkan talenta, menghidupi impian, belajar di bidang akademis memang harus berjalan seimbang sebaik kamu menjaga kesehatanmu. Tetapkan prioritas yang baik untuk waktu tidurmu. Jangan sampai waktu tidurmu menjadi yang paling terakhir di antara beberapa kebutuhan yang lain. Usahakan, kamu punya waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Berbagi
Saran kali ini unik ya? Iya! Kamu memang harus berbagi untuk menjadi lebih sehat dan bahagia dalam kehidupan sehari-harimu. Dengan mengulurkan tangan dan sigap membantu sesama, hidupmu bakal lebih berwarna dan menyenangkan. Kalau sikap ini terus kamu pertahankan, kebahagiaan itu bakal mengirimmu jadi pribadi yang lebih sehat secara fisik dan psikologis. Yakin deh. Saya pernah membaca sebuah buku. Seorang psikiater pernah mengatakan, jika seseorang sedang stres atau mengalami depresi karena suatu masalah, salah satu hal manjur yang perlu dilakukannya adalah menolong orang lain. Dengan melayani orang lain, perhatian kita menjadi terarah ke luar. Ini berarti, kita menjadi berhasil memecah fokus utama terhadap masalah tersebut. Menurut psikiater tersebut, cara ini ampuh untuk menghilangkan depresi atau stres berat dalam diri seseorang yang sedang tertimpa masalah. Keren kan? Keajaiban berbagi untuk tujuan kemanusiaan memang tiada duanya deh!

Me-time!
Ada kalanya kita terlalu sibuk dan penat bersama pencapaian-pencapaian yang tidak ada batasnya. Harus menulis, mengembangkan diri, mengurus pekerjaan, menjalin relasi, serta mempertahankan ini dan itu. Namanya juga hidup, produktif itu perlu. Namun, keseharianmu yang melelahkan itu memang perlu diimbangi dengan waktu santai yang sering disebut-sebut sebagai me-time. Apa sih me-time itu? Konkretnya sih, kita menghabiskan waktu hanya untuk diri kita sendiri dan terpusat hanya pada diri sendiri.

Meditasi
Kadang, kehidupan kita terlalu ricuh, sibuk, dan tanpa jeda. Terlalu banyak yang harus diurus sejak bangun pagi, masih banyak antrean tugas yang menanti untuk dikerjakan, sampai-sampai kita bingung hendak mendahulukan yang mana. Tapi itulah hidup, terus berputar sampai-sampai semuanya harus beres dan sesuai target. Pencapaian yang baik memang mengesankan, namun kita tetaplah manusia yang bisa lelah dan penat. Ayo dong, balik lagi ke kesehatan, jangan sampai hati dan jiwamu terpolusi oleh kesibukan yang tiada henti ya. Ayo, mulailah dengan meditasi ringan dan sederhana. Mulai ambil waktu sebentar di jam kosongmu—pilih waktu yang benar-benar longgar tanpa kamu harus memikirkan rutinitas dan tugas-tugasmu ya. Setelah itu, mulailah dengan mengambil napas dan menghembuskannya kembali.

Berpikir Positif
Kekuatan berpikir positif memang tidak pernah main-main. Saya percaya, apa yang ada di dalam kepalamu, itulah yang akan menjadi tindakanmu. Dan tindakan tidak pernah melesat terlalu jauh dengan masa depanmu kan? Berpikir positif selalu menjadi prasyarat utama untuk mendapatkan mental yang sehat. Oh ya, kalian tahu kan, mental yang sehat akan selalu membuat seseorang terlihat bersinar dan menarik di hadapan orang lain, serta mampu diandalkan. Kesehatan mentalnya membuat ia menjadi sosok yang patut dikagumi. Dari situ kita jadi tahu, kalau tubuh dan mental yang sehat itu selalu bersinggungan deh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here