Dalam amanatnya presiden Jokowi meminta anggota pramuka untuk menjaga semangat muda. Presiden mengingatkan pramuka harus melakukan trobosan yang inovatif, menyesuaikan dengan generasi anggota millennial.

ELANGNEWS.COM, Pesan Moral Presiden Joko Widodo Di Hari Pramuka – Berperan sebagai ketua majelis pembimbing nasional gerakan pramuka, presiden Jokowi membuka upacara pembukaan raimuna nasional XI. Upacara ini sekaligus memperingati hari lahirnya pramuka yang ke 56.

Hari peringatan ulang tahun gerakan pramuka ke 56 sekaligus bersamaan dengan pembukaan raimuna XI. Raimuna ini berasal dari bahasa papua yang berarti berkumpul dari beberapa daerah untuk melaksanakan atau melakukan sejumlah kegiatan.

Acara ini menghadirkan sejumlah tarian-tarian daerah. Dan dibuka dengan marcing band. Bapak Jokowi sendiri tiba di tanah bumi perkemahan cibubur pada pukul 07:30 WIB. Presiden Jokowi Dodo sendiri hadir di damping oleh sekertaris cabinet Prambon Anum dan ketua pelatih nasional gerakan pramuka Adiasa Daud, menyapa dan berfoto bersama peserta Raimuna dari seluruh Indonesia. Total ada 15 ribu peserta dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dalam amanatnya presiden meminta anggota pramuka untuk menjaga semangat muda. Presiden mengingatkan pramuka harus melakukan trobosan yang inovatif, menyesuaikan dengan generasi anggota millennial.

Tak hanya membangun tenda, pramuka juga harus disiplin menggunakan media social yang positif dan produktif.

Bapak presiden dalam pidatonya,”Walaupun usia gerakan pramuka semakin bertambah, tapi saya minta semangatnya harus tetap muda, harus selalu produktif dalam berkarya, harus inovatif, harus kreatif, harus menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi dada terdepan di Indonesia ini”.

Adapun tema dari ulang tahun gerakan pramuka pada tahun ini adalah bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa. Sementara untuk tema Raimuna ke XI adalah pramuka untuk masa depan Indonesia, kreatif, inovatif dan juga berkarakter.

Dalam acara ini dihadiri langsung oleh perwakilan panduan dari Negara sahabat. Ada tujuh Negara sahabat, seperti India, Bangladesh, Iran, Singapura dan ada berbagai Negara lainya. Untuk memeriahkan dan juga berpartisipsi dalam acara Raimuna ini.

Selama acar ini dimulai pada 13-21 agustus 2017 akan ada sejumlah kegitan yang bermanfaat. Yang akan dilatih mental maupun fisik. Dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here