Gerakan Pramuka mengganti istilah kepanduan secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 melalui Apel Besar.

ELANGNEWS.COM – Selamat Hari Pramuka Ke 56! Inilah Sejarah Hari Pramuka – Hari Senin ini adalah hari Pramuka dimana semua anak sekolah memakai pakaian pramuka yang biasanya hanya di kenakan pada hari Jum’at. Pramuka atau Praja Muda Karana yang di peringati pada tiap tanggal 14 Agustus ini memiliki sejarah yang turut berkontribusi dalam perjalanan bangsa. Lahirnya Pramuka di Indonesia turut menyulut berdirinya pergerakan nasional.

Dahulu gerakan ini juga terkenal dengan nama kepanduan. Organisasi Pramuka terdapat di berbagai penjuru dunia dan bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat.

Gerakan Pramuka mengganti istilah kepanduan secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 melalui Apel Besar, yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta. Gerakan Kepaduan secara resmi menjadi Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 yang ditandai dengan pelantikan anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, oleh Presiden RI di Istana negara.

Biasanya, di sekolah-sekolah akan mengadakan camping. Baik di sekolah sendiri jika memang luasnya halaman sekolah atau berkemah di tempat perkemahan. Para siswa di didik menjadi mandiri dengan membawa peralatan makanan, memasang tenda sendiri, latihan beris berbaris dan jejak malam. Suasana saat melakukan kegiatan pramuka ini sangat terasa kebersamaan dan toleransi antar teman.

Tidak hanya di hari Pramuka saja semua siswa di sekolah bisa merasakan kegiatan-kegiatan. Setiap hari Jum’at mereka juga mengenakan baju Pramuka dan terdapat ekstrakurikuler Pramuka. Dimana latihan kepemimpinan dan baris bebaris di ajarkan oleh guru Pramuka. Kegiatan-kegiatan Pramuka yang mengasyikan membuat siswa lebih percaya diri dan menunjukan jati diri mereka sebenarnya agar menjadi pribadi yang kuat, berguna bagi bangsa dan negara. Semangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here