Gempa bumi hari ini yang berada di Bengkulu berlokasi pada 3.75 Lintang Selatan, 101.56 Bujur Timur itu dirasakan oleh warga setempat sangatlah kuat.

ELANGNEWS.COM – Gempa Bengkulu Hari Ini Berpotensi Tsunami – Sekitar pukul 10.08 WIB pada Minggu 13 Agustus 2017 terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6,6 skala Richter (SR) yang menggungcangkan Kota Bengkulu dan sekitarnya. Kejadian gempa tersebut membuat masyarakat yang berada di rumah berhamburan untuk keluar rumah menyelamatkan dirinya masing-masing.

Dari data yang telah dirilis oleh Badan Meteorologi Krimatologi dan Geofisika (BMKG) menuturkan bahwa pusat gempa tersebut berada di laut yang berada 71 kilometer barat daya dari Kabupaten Bengkulu Utara, Provisni Bengkulu.

“Kedalamnya tersebut hanya 10 kilo meter dari dasar laut. Kalau dilihat dari skala ini, memiliki potensi untuk tsunami. Akan tetapi kami juga masih menunggu terlebih dahulu arahan dari pusat,” ungkap Kepala Seksi dan Data BMKG Provisi Bengkulu, Sudiyanto, di Bengkulu, pada Minggu (13/08/2017).

Gempa bumi yang berada di Bengkulu tersebut berlokasi pada 3.75 Lintang Selatan, 101.56 Bujur Timur itu dirasakan oleh warga setempat sangatlah kuat. Hingga menyebabkan masyarakat Bengkulu dan sekitarnya keluar dari rumah, untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing.

Guncangan dari gempa bumi tersebut dirasakan oleh warga kurang dari satu menit. Guncangan yang dirasakan warga itu mempunyai dua guncangan, pertama guncangan vertikal kemudian guncangan horinzontal atau mengtayun. Hal tersebut membuat warga menjadi panik dan sontak mereka keluar rumah.

“Sangatlah kuat guncangan tersebut, kami menjadi ingat dengan gempa tahun 2007 lalu,” ungkap Ardiansyah, salah satu warga Kelurahan Timur Indah, Kota Bengkulu, seperti yang dikutip dari Antara.

Kemudian usai guncangan gempa bumi selesai, warga kembali ke rumah mereka masing-masing. Lalu mereka memulai aktivitas kembali seperti hari-hari biasa.

Gempa bumi yang berkekuatan 7,3 SR juga pernah mengguncang Kota Bengkulu pada tahun 2000. Kemudian pada tahun 2007 juga terjadi gempa kembali, gempa tersebut dikarenakan tumpukan dua lempeng Indo-Australia serta Eurasi yang menjandi penyebab gempa. Gempa di laut sekitar lokasi tersebut kerap melanda wilayah disekitarnya dan pesisir pantai barat Sumatera yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here