ELANGNEWS.COM – Hebatnya Ikan Sapu-Sapu Yang Sering Di Remehkan. Pecinta ikan hias, ikan tawar atau ikan apapun wajib kudu harus punya ikan yang satu ini! Meskipun sering kita temui di sungai dan suka skeali di air yang kotor, manfaat memelihara ikan sapu-sapu sangat baik. Cocok sekali bagi yang malas untuk membersihkan akuarium. Karena, ikan sapu-sapu ini sangat suka sekali membersihkan sesuai dengan namanya sapu-sapu. Ikan ini di sebut juga dengan ikan bandaraya karena fungsinya seperti petugas kebersihan bandara.

Ikan sapu-sapu termasuk jenis ikan omnivora atau pemakan segala. Pemakan segala bukan berarti memakan sesama ikan dengan lahapnya. Ikan ini sangat suka memakan sisa tumbuhan air laut dan alga. Berdasarkan sumber BBP4B-KP, ternyata ikan sapu-sapu ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi di bandingkan dengan ikan lele.

Ikan sapu-sapu dapat di olah sebagai makanan contohnya siomay ikan. Hanya saja, beberapa orang menganggap mengkonsumsi ikan ini sangat berbahaya dan beracun. Sebab, memang ikan sapu-sapu suka hidup di air yang kotor penuh dengan limbah. Namun, jika kita memeliharanya di tempat air yang bersih maka otomatis ikan sapu-sapu tidak berbahaya untuk di konsumsi.

Menangkap ikan sapu-sapu bisa di jadikan profesi yang menjanjikan. Mengapa menjanjikan? Karena, tidak banyak orang yang mau menangkap ikan ini. Seperti yang kita ketahui, ikan sapu-sapu identik dengan kebersihan. Dimana pun tempatnya jika menurutnya kotor, maka ia mulai menyapukan kotoran. Untuk menangkap ikan ini, kita harus masuk ke dalam sungai atau kali yang kotor dan penuh lumpur.

Tangan pun jangan sungkan masuk ke dalam rongga-rongga tanah. Penghasilan yang di dapatkan cukup menggiurkan. Harga perkilonya mencapai Rp. 20.000. jika dalam sehari mampu menangkap sampai 20kg, maka pendapatan sehari Rp. 400.000. jika di bulatkan menjadi bulanan maka pendapatan mencapai Rp. 12.000.000. Wow! Fantastis!

Tak hanya itu, terdapat ikan sapu-sapu paling mahal di dunia yaitu jenis ikan sapu-sapu zebra pleco (hypancitrus zebra) warnanya yang menarik hitam-putih seperti kuda zebra biasa dijadikan ikan hias di akuarium. Hidup di North east brazil, Amerika selatan. Sedangkan, ikan sapu-sapu raksasa yaitu jenis ikan sapu-sapu adonis pleco (Achanticus adonis).

Ini adalah ikan sapu-sapu raksasa karena merupakan jenis ikan sapu-sapu terpanjang diantara puluhan jenis ikan sapu-sapu.jika rata-rata panjang ikan sapu-sapu jenis lain pada umumnya berukuran 10-30 cm.  Tetapi khusus ikan sapu-sapu jenis adonis pleco panjangnya bisa mencapai 1 meter (sama seperti ukuran manusia usia remaja). Karena, ukurannya sangat raksasa maka kita membutuhkan kolam besar yang mampu menampung 4000liter air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here