ELANGNEWS.COM – Sang Legenda Jamu Nyonya Meneer Akhirnya Pailit. Siapa sangka jamu legendaris di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1919 akhirnya kini mengalami masa pailit atau bangkrut. Hampir seabad perusahaan jamu ini berdiri. Mungkin, generasi sekarang ada yang tidak tahu mengenai jamu ini meskipun pada saat di jamannya, jamu dengan gambar Nyonya Meneer ini sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi sampai ke manacnegara seperti Taiwan, Malaysia, Brunei, Amerika, Australia dan Belanda. Saking terkenalnya, sampai sekarang hanya segelintir ibu-ibu yang masih mengkonsumsi jamu ini.

Nyonya Meneer sendiri lahir di Sidoarjo, Jawa Timur pada tahun 1895 dan wafat pada tahun 1978. Beliau merupakan wirausahawan di bidang industri jamu Indonesia. Banyak yang menganggap arti dari kata meneer hanya merupakan kiasan semata. Padahal, ada cerita nyata di dalamnya yakni, ibu dari Nyonya Meneer mengidam beras dan memakan beras tersebut sampai akhirnya Nyonya Meneer melahirkan.

Perusahaan jamu tersebut di gugat oleh krediturnya sendiri karena menurutnya mereka tidak bisa membayar hutang. Nyonya Meneer terbukti tidak sanggup membayar hutang sebesar 7,4 miliar. Pihak Hendrianto menggugat pailit Nyonya Meneer karena tidak menyelesaikan hutang sesuai proposal perdamaian. Hendrianto hanya menerima Rp 118 juta. Presiden direktur Nyonya Meneer ini mengaku bahwa selama berproduksi, perusahaan baik-baik saja dan sehat.

Tidak hanya beban hutang yang di rasakan oleh perusahaan Nyonya Meneer, ternyata terdapat masalah antarkeluarga yang akhirnya perusahaan yang lahir sejak 1919 tersebut bangkrut. Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Didik J. Rachbini bahkan menjelaskan secara gamblang mengapa perusahaan sebesar ini dan sudah lama beroperasi akhirnya terkena pailit juga. Ia mengatakan, perusahaan juga harus mampu menyesuaikan diri di era perkembangan jaman agar tidak terjatuh. Ambisi yang keterlaluan tanpa di imbangi dengan perkembangan jaman akan membuat hutang semakin membengkak. Untuk masalah keluarga sekiranya harus bisa di pisahkan antara masalah keluarga dengan masalah perusahaan.

Meskipun begitu, Nyonya Meneer juga punya produk untuk mengatasi masuk angin dan flu. Diklaim sebagai jamu yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan mencegah masuk angin serta flu karena perubahan cuaca. Padahal produk-produknya terbilang ramah di kantong dan punya banyak varian. Persaingan ketat dengan produsen jamu lain menjadi salah satu alasan perusahaan ini mengalami pailit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here