ELANGNEWS.COM – Asgardia, Negara Baru di Luar Angkasa. Mendengar namanya saja, mungkin kita sudah langsung berpikir tentang luar angkasa, ya Asgardia merupakan negara baru yang terletak di luar angkasa. Asgardia -nama yang diambil dari kota mitologi Norse di langit. Bingung bukan? Negara ini adalah negara yang didirikan atau masih di konsep oleh Igor Ashurbeyli, ilmuwan luar angkasa sekaligus insinyur Rusia yang pada tahun 2013 lalu mendirikan Aerospace International Research Center (AIRC) di Wina, Austria. AIRC paling dikenal sebagai penerbit jurnal ROOM.

Dalam jumpa pers di Paris pada Rabu 12 Oktober 2016, Igor mengatakan, “Unsur ilmiah dan teknologi proyek ini bisa dijelaskan dalam 3 kata, yaitu perdamaian, akses dan perlindungan.” (Dikutip dari Sciencemag.com pada Jumat 14 Oktober 2016)

Walaupun sudah mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara, asgardia ini masih belum memiliki bendera, lagu kebangsaan dan lambang negara resmi. Perangkat tersebut masih dalam proses, dalam tahap kompetisi. Dan pemerintahan nya pun belum dijelaskan, apakah berbentuk demokratis, kerajaan atau yang lainnya. Tetapi Asgardia juga membuka peluang para pendaftar sebagai pengisi pemerintahan nantinya. Asgardian (Istilah untuk warga negara Asgardia) bisa mencalonkan diri sebagai anggota pemerintahan dan akan dipilih berdasarkan voting.

Dan untuk warga negara nya, Asgardia membuka pendaftaran bagi siapa saja yang hidup di bumi ini sebagai warga negara Asgardia. Para pendaftar diminta untuk mengisi formulir yang terdiri atas nama, alamat, alamat email, negara asal dan pernyataan bahwa sudah berusia diatas 18 tahun.

Sejauh ini, para pendaftar yang ingin menjadi warga negara Asgardia sudah mencapai 285.525 orang (29/07/2017). Indonesia berada di posisi keempat untuk warga yang mendaftar. Jumlah Asgardian yang berasal dari Indonesia sejauh ini berjumlah 13622 orang. Yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dll. Untuk detail nya bisa dilihat di situs resmi Asgardia atau digambar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here