Kemenko Maritim Dorong Penggunaan Konverter KIT Karya Anak Indonesia

Elangnews – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman terus memperluas upaya penggunaan alat konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas (BBG) atau konverter kit bagi para nelayan di seluruh Indonesia. Perluasan penggunaan konverter kit ini karena BBG terbukti lebih ramah lingkungan dan yang lebih murah dibanding BBM.

Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menjelaskan, dengan menggunaan BBG, para nelayan kecil bisa menghemat biaya operasional sampai dengan setengah. Contohnya, dari biaya yang biasa dikeluarkan nelayan untuk sekali melaut sekitar Rp 100 – 180 ribu, dapat ditekan hingga Rp 50 – 80 ribu.

” Ini kalau kita kembangkan gaungnya akan besar sekali, apalagi bagi nelayan kecil yang gross ton 10 ke bawah, makanya kami dorong untuk kembangkan konverter kit,” ujar Agung, seperti dikutip dari keterangan tertulis Selasa (16/5/2017).

Kemenko Maritim akan lebih mendorong konventer kit buatan anak bangsa, karena diketahui ternyata sudah ada yang mampu merancang dan membuat piranti pengkonversi bahan bakar itu dengan teknologi mumpuni dan teruji, tidak kalah berkualitas dibanding alat serupa buatan luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here