Tren Startup Indonesia Di Dominasi Sektor Pertanian

Elangnews – Startup tak melulu bergerak di bidang teknologi. Umumnya, startup merambah kategori yang dianggap dapat berdampak bagi masyarakat luas.

Di 2016, industri startup di Indonesia diramaikan dari sektor e-Commerce dan fintech (financial technology). Lantas, apa tren tersebut akan berlanjut di 2017?

Seperti diungkapkan President Director Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono, tren startup di Tanah Air akan tetap pada pakemnya, yakni e-Commerce, fintech, pemerintahan, dan transportasi. Namun, ada dua kategori baru yang akan mendominasi startup Indonesia.

“Tahun ini akan muncul health tech (kesehatan) dan agriculture tech (pertanian). Apalagi banyak sekali petani yang kekurangan dana karena sudah terbentur masalah supply chain yang berbelit-belit,” kata Wesley kepada Tekno Liputan6.com di kantor Plug and Play, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Apa yang disampaikan Wesley, terbukti dari terpilihnya salah satu startup Plug and Play angkatan pertama yang bergerak di bidang pertanian, Sayurbox. Pandangan tersebut pun diamini langsung oleh founder Sayurbox, Metha Trisnawati.

Menurutnya, sektor pertanian dan perkebunan di Indonesia butuh sokongan teknologi lewat startup. Dan tahun ini, dianggap menjadi momen penggebrak agar startup lain dengan misi serupa bisa bangkit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here