Mentri Yasonna Gebrak Meja di Rutan Pekanbaru

Elangnews – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly menggebrak meja berkali-kali saat mengunjungi Rutan Kelas IIB Kota Pekanbaru, Riau.

Dia marah lantaran mengetahui adanya dugaan praktik pungutan liar (pungli) dan pemerasan yang menjadi salah satu pemicu ratusan tahanan kabur dari rutan.

“Saya tidak akan toleransi. Perilaku ini betul-betul biadab, sangat biadab,” kata Yasonna sambil menggebrak meja di hadapan petugas rutan dan Kanwil Kemenkum HAM Riau, di Rutan Kelas IIB Pekanbaru, seperti dikutip dari Antara, Minggu (7/5/2017).

Luapan kekesalan itu turut disaksikan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, dan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian.

Yasonna mengatakan pihaknya sudah berkali-kali mengingatkan agar tidak ada lagi praktik pungli dan pemerasan di rutan maupun lembaga pemasyarakatan.

“Presiden sudah kasih kita APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), tapi mau bangunan secantik apapun kalau mental kita seperti ini, tidak akan bisa,” kata dia dengan wajah geram.

Yasonna mengatakan sudah cukup pembinaan dilakukan di jajarannya, dan sekarang sanksi berat harus diberlakukan untuk memerangi pungli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here