Ini Jurus Kemenperin Tekankan Pengangguran Usia Muda di Tanah Air

Elangnews – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan meluncurkan program pendidikan vokasi industri di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta pada hari ini. Hal tersebut merupakan kelanjutan dari program pendidikan vokasi yang sebelumnya diluncurkan di Jawa Timur pada akhir Februari lalu.

“Kami akan melaunchingnya pada Jumat, 21 April 2017 di Semarang, Jawa Tengah,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis‎ di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Dia mengungkapkan, program vokasi industri ini diharapkan menjadi solusi dalam mengatasi pengangguran usia muda di Indonesia. Karena pendidikan vokasi yang diterapkan memiliki kosep link and match antara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan.

“Di samping itu, pendidikan vokasi ini untuk memenuhi kebutuhan dunia industri terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusianya, sebagai faktor penting agar memenangkan kompetisi di era persaingan global saat ini,” papar dia.

Kebijakan prioritas lainnya, yang disampaikan Airlangga, yaitu pembangunan industri di luar pulau Jawa yang sejalan dengan visi Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sentris. Langkah ini juga turut mendorong pemerataan untuk kesejahtaraan masyarakat.

“Karena industri memiliki multiplier effect dan berkontribusi besar bagi perekonomian nasional,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here