500 Ratus Ribu Buruk Akan Turun Ke Jalan Pada Peringatan Mayday

Elangnews – Ratusan ribu buruh akan kembali turun ke jalan pada 1 Mei 2017. Mereka akan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal‎ mengatakan aksi tersebut akan diikuti oleh sekitar 500 ribu buruh.

“Pada hari buruh internasional, atau sering disebut May Day, diperingati setiap tanggal 1 Mei. Tahun 2017 ini, May Day setengah juta buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan turun ke jalan,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Dia menjelaskan, untuk di Jakarta, selain aksi dan orasi, juga diadakan pagelaran rakyat dan buruh. Seperti marching band, pembacaan puisi, teatrikal buruh, lagu-lagu perjuangan, dan sebagainya.

“Aksi ini akan dilakukan bersama-sama antara KSPI dan KPBI,” ujar dia.

Menurut Said, aksi ini cermin dari kepedulian dan keseriusan buruh Indonesia dalam memperjuangkan perubahan ke arah lebih baik. Selain di Jakarta, aksi buruh serentak akan digelar di berbagai provinsi, seperti Aceh, Sumatera Utara , Kepulauan Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Gorontalo, Kalimantan Selatan, dan sebagainya.

“Tema besar yang akan diangkat KSPI dan buruh Indonesia dalam aksi May Day tahun ini adalah HOSJATUM,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here