Jokowi Akan Resmikan Pembangunan Kereta Bandara Solo

Elangnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mencanangkan pembangunan kereta Bandara Adi Sumarmo Solo, Sabtu (8/4/2017). Langkah ini merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan airport city atau kota bandara.

Airport city diartikan sebagai sebuah bandara yang berkembang dengan berbagai kegiatan macam bisnis. Dengan begitu, bandara tidak hanya melayani penerbangan, tapi disertai berbagai kegiatan layaknya kota.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso mengatakan, untuk mengembangkan airport city di Solo salah satunya dengan mengembangkan transportasi, yakni dengan kereta bandara. Transportasi mesti dikembangkan baik di Kota Solo maupun yang menghubungkan Bandara Adi Sumarmo Solo dengan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

“Antara Bandara Adi Sumarmo-Solo dengan Bandara Adi Sucipto- Yogyakarta hanya berjarak sekitar 50 km. Dengan demikian, dua bandara tersebut sangat potensial untuk digabungkan dengan menjadikannya airport city. Dengan demikian, Airport Train Shutlle yang menghubungkan dua bandara tersebut meleburkan dua bandara itu menjadi satu airport city,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima media, Jakarta, Sabtu (8/4/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here