PLTU Tabalong Akan Menjadi Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Elangnews – PT Tanjung Power Indonesia (TPI), perusahaan patungan PT Adaro Power dan PT EWP Indonesia tengah membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara di Tabalong, Kalimantan Selatan. Pembangkit berkapasitas 2×100 megawatt (MW) merupakan PLTU ramah lingkungan.

Presiden Direktur TPI Mustiko Bawono mengatakan, proyek PLTU tersebut telah mengikuti standar ramah lingkungan yang ketat. Hal ini karena pembangkit tersebut menggunakan berteknologi circulating fluidized bed (CFB) yang menghasilkan emisi udara rendah.

“Proyek kita dikendalikan standar IFC. Kriteria-kriteria lingkungan sangat ketat. Peralatan kita lebih ramah lingkung dengan boiler berteknologi CFB boiler. Emisi SO2 diserap dengan injeksi bahan kapur. Temperatur boiler juga rendah. Ini jenis boiler yang ramah lingkungan,” ujar dia di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (6/2/17).

Sementara itu, Head of Corporate Communication Division PT Adaro Energy Febriati Nadira mengatakan, selain menggunakan teknologi yang lebih baik, bahan bakar berupa batubara yang digunakan juga ramah lingkungan.

“Batubara Adaro salah satu yang paling ramah lingkungan di dunia. Jadi dari teknologinya rumah lingkungan, bahan bakarnya juga ramah lingkungan,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here