Sektor Transportasi Berkembang, Indonesia Butuh SDM Berkualitas

Elangnews – Pembangunan sektor transportasi Indonesia saat ini hampir merata di segala aspek mulai itu darat, laut dan udara. Hal ini merupakan imbas dari program pemerintahan Jokowi yang ingin membangun infrastruktur transportasi yang lebih baik.

Program pembangunan sektor transportasi yang tengah dikerhakan pemerintah saat ini diantaranya pembangunan tol laut dan pelabuhan-pelabuhan baru, pembangunan bandara baru atau merevitalisasi bandara lama, kemudian pembangunan MRT dan kereta cepat, serta pembangunan tol yang menghubungkan jalur antar provinsi.

Dengan deretan program pembangunan tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, Wahju Satrio Utomo mengatakan pemerintah membutuhkan SDM yang berkualitas dan berkompeten untuk mengoperasikan sarana dan prasana di sektor transportasi.

“Penyelenggaraan transportasi baik itu operasional prasarana, seperti; pelabuhan, bandara, stastiun, terminal dan sarana lain diantaranya; pesawat, kapal, kereta api, tentunya harus diawaki oleh orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai,” ujar Wahju Satrio Utomo beberapa waktu lalu di Jakarta.

Lulusan Program Doktor Manajemen UNJ ini mengatakan bahwa kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM di sektor transportasi setidaknya harus memenuhi 3 persyaratan utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here