Selidiki Penyebab Kebarakan Kapal Zahro KNKT Temui Pembuat Kapal

Elangnews– Ketua tim investigasi kecelakaan pelayaran dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kapten Aldrin Dalimunte mengatakan, ada beberapa faktor penyebab Kapal Zahro Expres terbakar.

Menurut dia, penyebabnya mulai dari kurang perawatan sampai human error. Namun untuk membuktikan, pihaknya menemui sedikit kendala, yaitu minimnya alat bukti.

“Saya rasa alat buktinya terbatas. Tapi kita tidak berhenti. Kemarin kita sudah lakukan simulasi pada mesin sejenis, struktur kapal yang sejenis ya di sini,” kata Aldrin di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu 4 Januari 2017.

Aldrin menjelaskan, untuk mengungkap misteri terbakarnya Kapal Zahro Expres, timnya juga sudah mendatangi lokasi pembuatan kapal tersebut. Dari informasi yang dihimpun, Kapal Zahro dibuat di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

“Kami juga ke pulau (Harapan) dan kami bicara sama pembuat langsung dan pekerjanya,” ujar dia.

Dalam proses investigasi yang sudah berjalan di hari ketiga, pihaknya sudah mengantongi dugaan atau penyebab awal terbakarnya Zahro Expres. Dugaan sementara mengarah kepada ruang mesin kapal tersebut.

“Kami menduga dan praduga dan mendalami di ruang mesin, khususnya di mesin utama serta di genset,” tutur dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here