Manado Diterjang Banjir Besar

Elangnews- Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Manado sejak Kamis 15 Desember sore hingga Jumat dini hari mengakibatkan sebagian besar wilayah kota itu banjir setinggi setengah meter.

“Wilayah-wilayah yang kebanjiran itu adalah Sario Tumpaan, Sario Utara, Bahu, Tikala, Taas, Paal Dua, Wenang, Komo Luar, Ternate Tanjung, dan Dendengan Luar,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Manado Jenny Bangonang, di lokasi penggalian korban tanah longsor, di Tikala, Manado, Jumat (16/12/2016).

Dia mengatakan, beberapa wilayah di Manado genangan air banjir itu naik sampai 50 cm, namun ada juga yang sudah naik 100 cm. Sehingga ratusan warga harus mengungsi ke lokasi yang aman seperti rumah ibadah dan sekolah.

“Warga di Paal Dua mengungsi ke gereja, di Tanjung memilih mengungsi ke rumah saudara mereka yang aman dari banjir, begitupula di tempat-tempat lain, seperti Taas, Bahu, Sario Tumpaan, Sario Utara, dan Dendengan Luar memilih mengungsi ke lokasi yang aman seperti rumah saudara atau keluarga yang jauh dari banjir maupun tanah longsor,” ujar dia.

Jenny mengatakan, menjelang pagi, air sudah berangsur-angsur surut, namun warga memilih bertahan sementara di lokasi yang aman. Sebab khawatir hujan akan turun lagi dan bisa terjadi banjir susulan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here