Pasca Gempa, Pasokan Listrik dan BBM di Pidie Jaya Kembali Pulih

Elangnews- Pasca gempa yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Tim Tanggap Darurat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) dan PT Pertamina memastikan kondisi dan pasokan listrik serta BBM di Pidie Jaya telah pulih.

Seperti yang dilaporkan PT PLN, pasokan listrik utama ke semua kecamatan di Pidie Jaya sudah selesai 100 % per Jam 23.00 WIB, Kamis (8/12). Sebelumnya pasokan listrik di Kabupaten Bireun dan Pidie dapat dipulihkan kurang dari 14 Jam dari sejak terjadinya gempa.

Terkait dengan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), PT Pertamina melaporkan bahwa pasokan BBM di Aceh aman. Sebanyak 5 terminal BBM di Sabang, Lhokseumawe, Krueng Raya, Simeulue dan Meulaboh menyediakan 4.646 Kilo Liter (KL) premium dan 8.683 KL solar. Liquid Petroleum Gas (LPG) juga tersedia dalam jumlah cukup dan pasokan akan terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial melaporkan bahwa kerusakan pada bangunan pada umumnya diakibatkan oleh struktur bangunan yang kurang baik dan tidak memenuhi kaidah struktur bangunan yang aman.

“Selain diakibatkan kurang baiknya struktur bangunan, tim juga menemukan adanya likuifaksi (pelulukan) yang mengakibatkan sebagian bangunan amblas ke dalam tanah,“ ungkap Ego.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here