Pemberantasan Pungli Harus Masif Serta Sistemis

Elangnews- Seluruh elemen pemerintahan tengah menggalakkan pencegahan dan pemberantasan tindak pungutan liar (pungli). Ini menjadi salah satu bagian dari upaya reformasi birokrasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menjadi salah satu pejabat yang terus menggelorakan komitmen tersebut.

Ia menuturkan, pungli bukan hanya perbuatan menyimpang yang menghambat pelayanan publik dan menjadikan ekonomi biaya tinggi. Lebih dari itu, kata dia, pungli telah menggerus kepercayaan publik. Oleh karena itu, upaya pemberantasan dan pencegahan pungli merupakan hal yang sangat penting.

“Pemberantasan pungli harus dilakukan secara sistemis dan masif,” ujar Asman Abnur dalam seminar dalam rangka HUT Ke-45 Korpri, dengan tema “KORPRI, Birokrasi dan Pemberantasan Pungli” di Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Saat ini, birokrasi pemerintahan dirasa masih menjadi bagian dari permasalahan daya saing bangsa. Pungli merupakan salah satu penyebab utama yang menjadikan birokrasi tidak efisien.

Sebagaimana dirilis World Economic Forum, Indeks Daya Saing Indonesia tahun 2016 berada di peringkat 41. Penyebab masih tertinggalnya daya saing bangsa tersebut adalah korupsi dan inefisiensi birokrasi. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan perhatian serius terhadap pemberantasan pungli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here