Tol Laut Sudah Berdampak Kini Harga Semen dan Ayam di NTT Mulai Turun

Elangnews-  Program tol laut yang dijalankan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua tahun ini diklaim telah membuahkan hasil. Tol laut telah menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia Bagian Barat dan Timur.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi ‎dalam Forum Konsolidasi Industri Kemaritiman Nasional Transformasi Tol Laut di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

“Program tol laut yang selama ini telah dijalankan telah membuahkan hasil. Itu artinya transportasi laut telah menunjukkan peran dalam konektivitas nasional,” kata Budi Karya.

Jumlah trayek perintis yang sudah dibuka dan beroperasi hingga saat ini mencapai 96 trayek. Sementara pengoperasian tol laut sebanyak 6 trayek. Hasil dari implementasi program tol laut sudah menurunkan perbedaan harga di wilayah Barat dan Timur Indonesia.

“Tol laut telah terbukti telah menurunkan disparitas harga di wilayah Indonesia Bagian Barat dengan Timur Indonesia. Contohnya di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur, harga semen sudah turun 14 persen. Bahkan ayam ras turun 49 persen,” jelas Budi.

Pemerintah, akan terus menginisiasi dan menindaklanjuti program tol laut. Menstimulasi pelaku agrikultur agar ada suatu daya dobrak untuk menghasilkan barang produksi yang bisa dibawa ke wilayah Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here