KAI Akan Berangkatkan KA Bandara dari Stasiun Kota

Elangnews-  PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menjadikan Stasiun Jakarta Kota sebagai tempat pemberhentian kereta Bandara Soekarno-Hatta, selain Stasiun Manggarai.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan saat ini manajemen KAI tengah melakukan kajian mengenai kelayakan Stasiun Kota dan jalur yang digunakan untuk dilalui kereta bandara Soetta.

“Memang awalnya diberangkatkan dari Stasiun Manggarai‎, tapi setelah kita pelajari, pemberangkatan juga bisa dilakukan dari Stasiun Kota. Ini untuk mengurangi kepadatan juga di Manggarai,” kata Edi saat berbincang dengan wartawan, Senin (7/11/2016).

‎Meski masih dalam tahap kajian, Edi mengaku apa yang menjadi rencana perusahaan tersebut sudah dikomunikasikan dengan Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan, dan juga Presiden RI Joko Widodo. Mereka pun menyatakan persetujuannya.

Hanya saja, Edi menuturkan, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan pengembangan di Stasiun Kota, antara lain parkir kendaraan dan peron khusus kereta bandara.

“Ini nanti menjadi pekerjaan rumah kita, pekerjaan rumah Railink yang nanti akan mengoperasikannya. Tapi kalau di Kota ini kan sudah ada KRL, jadi parkir mobilnya bisa di mana-mana, jadi ke sini naik KRL, lanjut ke Bandara,” papar Edi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here