Elangnews- Rasanya pasti membanggakan jika salah satu perguruan tinggi tanah air mampu berhasil menjuarai kompetisi CanSat International Competition 2016. Kompetisi CanSat ini merupakan kompetisi rancang bangun dan implementasi satelit kecil berukuran kaleng minuman standard Eropa.

Kompetisi ini diikuti oleh Perguruan Tinggi dari berbagai negara termasuk Mongolia yang menjadi tuan rumah dari kompetisi ini. Kompetisi yang diselenggarakan pada 21-22 September 2016 di Ulanbator, Mongolia, ini diorganisir oleh Asia-Pasific Space Cooperation Organization (APSCO) bekerja sama dengan Information Technology, Post and Telecommunication Mongolia (ITPTA Mongolia).

Seperti dikutip dari situs Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan), Universitas Gunadarma merupakan salah satu dari dua belas Perguruan Tinggi yang dinominasikan oleh LAPAN untuk mengikuti kompetisi CanSat 2016. Mahasiswa Universitas Gunadarma merupakan yang tergabung dalam tim Garuda. Tim Garuda sendiri berangkat ke Mongolia pada Senin, 19 September 2016 didampingi oleh Eri Prasetyo Wibowo yang mewakili institusi Universitas Gunadarma.

Terdapat sepuluh tim yang terdaftar dan ikut serta dalam kompetisi CanSat 2016 ini. Setelah CanSat diluncurkan oleh roket, CanSat harus mampu mengambil data atmosfer, seperti ketinggian, temperatur, tekanan udara, kelembapan, dan lainnya, kemudian mengirimkannya ke ground station.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here