ELangNews – Presiden Joko Widodo menerima tamu agung yaitu Ratu Belanda Maxima di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis pagi (1/9/16). Ini merupakan hari ketiga Ratu Maxima berada di Indonesia.

Pertemuan sendiri dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Kunjungan Ratu Maxima ke Indonesia sebagai wakil dari PBB, yang salah satu misinya untuk membahas mengenai inklusi keuangan atau seluruh lapisan masyarakat mudah mendapatkan akses keuangan.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi yaitu para menteri Kabinet Kerja, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Kunjungan Maxima ini akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral.

Sebelumnya, Ratu Maxima juga melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pertemuan tersebut dipakai untuk membahas inkluasi keuangan.

“Jadi kunjungan Ratu Maxima ke Indonesia dia memakai ‘topi’ atau dalam konteks sebagai special advocate for the secretary general of the UN untuk isu financial inclusive,” sebut Retno.

Saat bertemu Ratu Belanda itu, Menlu Retno menyatakan, inklusi keuangan sudah dilakukan oleh Indonesia. Bahkan kebijakan tersebut telah lama dijalankan di Indonesia. Bukan cuma dijalankan di Tanah Air, RI dalam beberapa kesempatan pertemuan internasional juga kerap membawa isu tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here