ElangNews – Kim Jong-un presiden Korea Utara dilaporkan telah mengeksekusi dua pejabat senior. Media milik Korea Selatan (Korsel) mengatakan pembunuhan ini adalah ‘teror baru pemerintah’ setelah pembelotan seorang diplomat Korut belum lama ini.

Seperti dilansir Telegraph yang mengutip dari JoongAng Ilbo, Senin (30/8/2016) salah seorang yang dieksekusi itu diidentifikasi sebagai Ri Yong-jin, seorang pejabat di Kementerian Pendidikan. Kabarnya, Yong-jin dihukum mati karena ia tertidur dalam sebuah pertemuan yang dihadiri Jong-un.

“Ia membuat Kim Jong-un murka setelah tertidur dalam pertemuan yang dipimpin penguasa Korut itu,” tulis JoongAng Ilbo.

“Ri Yong-jin ditangkap di tempat dan secara diinterogasi intensif oleh Kementerian Keamanan Negara. Ia dieksekusi setelah ditemukannya tuduhan lain selama penyelidikan, seperti korupsi,” sebut laporan tersebut.

Pejabat kedua diidentifikasi sebagai Hwang Min, mantan menteri pertanian Korut. Ia dieksekusi dengan alasan usulan kebijakannya dinilai sebagai pembangkangan terhadap kepemimpinan Kim Jong-un. Rincian kebijakan tersebut tidak dijelaskan. Hwang Min lengser dari jabatan menteri pada akhir Juni lalu tepatnya dalam pertemuan parlemen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here