ElangNews – Menteri ESDM Archandra Tahar resmi diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo usai perdebatan status kewarganegaraan gandanya ramai diberitakan.

Menteri Negara Pratikno yang mewakili Presiden menyampaikan pemberhentian status Menteri ESDM Archandra Tahar dalam konferensi pers tadi malam.

“Menanggapi pertanyaan-pertanyaan publik mengenai status warga negara Menteri ESDM Archandra Tahar, dan juga setelah mendapat informasi dari berbagai sumber. Presiden mengambil keputusan untuk memberhentikan Menteri ESDM Archandra Tahar secara hormat,” tutur Pratikno.

Untuk mengisi kekosongan Menteri ESDM, Presiden menunjuk Luhut Pandjaitan (Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya) untuk sementara hingga Menteri ESDM yang definitif.

“Mulai besok pagi sudah diberhentikan, sebab malam ini diputuskannya, semua saya kira sudah jelas,” ujar Pratikno.

Sebelumnya, Yasonna Laoly (Menteri Hukum dna HAM), menuturkan jika Menteri ESDM, Archandra mempunyai dua paspor Indonesia dan Amerika Serikat.

“Beliau memang memiliki 2 paspor dengan dua negara berbeda, satu paspor negara Indonesia dan satunya paspor negara Amerika,” ungkap Yasonna Laoly.

Presiden sebelumnya memang sudah diberikan saran oleh pengamat hukum agar tidak mengangkat Menteri ESDM, bila yang bersangkutan sudah pernah melakukan sumpah setia dengan negara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here