Situs Web Dinsos DKI Diretas, Hacker Tagih DP Rumah 0 Persen

Elangnews – Maraknya kasus peretasan situs web yang terjadi belakangan ini juga berdampak pada Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta. Pada Minggu malam (30/4/2017), situs web milik pemerintah DKI Jakarta itu diretas oleh hacker.

Insiden terkuak dari beredarnya screenshot yang memperlihatkan situs web Dinsos DKI Jakarta mengalami perubahan laman muka (deface) sebanyak 2 kali.

Ada 2 screenshot yang beredar. Screenshot pertama menampilkan deface situs web berwarna hitam dengan gambar sosok karakter menggunakan topeng putih di tengah-tengah.

Pesan yang tertulis di laman tersebut menagih janji untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baru, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. `Sementara, screenshot kedua menampilkan deface dengan gambar rumah di tengah-tengah situs web.

Di atas gambar rumah, ada tulisan “Phoenix Team”, yang diduga menjadi nama dalang peretasan situs web. Mereka pun menagih janji ke Anies dan Sandi terkait program DP rumah 0 persen yang digaung-gaungkan.

Situs web langsung diperbaiki pihak Dinsos DKI Jakarta pada Senin (1/5/2017). Saat diakses kala itu, situs menampilkan tulisan “This page is under construction. Please come back soon!“. Dan kini, pada Selasa pagi (2/5/2017), situs kembali bisa diakses dan berfungsi seperti sedia kala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here