ELANGNEWS.COM – Seberapa Pentingkah Fellaini Untuk Manchester United?. Jose Mourinho telah menentukan sikap mengenai masa depan salah satu pemainnya, Marouane Fellaini. Saat sesi jumpa wartawan, Senin 31 Juli 2017, setelah kemenangan 0-3 melawan Valerenga di laga uji coba. Mourinho menyatakan jika Fellaini merupakan pemain yang penting dalam timnya.

Berita soal Fellaini belakangan ini sempat menjadi heboh di jendela transfer musim ini. Sempat berhembus isu bahwa Fellaini bakal segera merapat ke Galatasaray. Raksasa Turki itu menyatakan jika mereka hampir merampungkan proses kepindahan Fellaini.

Lebih mudah untuk Galatasaray merekrut saya ketimbang Felaini. Bila mereka memerlukan pelatih, mereka punya kesempatan itu. Tapi Fellaini? Sudah lupakan saja!. Dia pemain penting untuk kami,” ungkap Mourinho dilansir Daily Mail.

Selama membela United, pemain berambut kribo tersebut lebih banyak berperan sebagai gelandang bertahan atau gelandang tengah. Tapi posisinya tidak selalu terpatok di sektor tengah saja, karena acap kali dia juga di posisikan didepan sebagai striker, karena ia memiliki kemampuan duel udara yang bagus dan bisa memantulkan bola.

Bila harus menyebut betapa pentingnya fellaini untuk United, maka kita dapat melihat data yang dia capai di musim lalu. Mourinho sendiri lebih memilih untuk tetap mempertahankan Fellaini selepas pemain asal Belgia itu menciptakan gol di pertandingan uji coba kontra Valerenga.

Selama musim lalu, Fellaini menorehkan aksi bertahan cukup bagus. Dia sukses mengoleksi angka sebanyak 2 kali tekel per laga, satu kali intersep per laga, dan 1,8 kali sapuan per laga. Angka-angka itu membuat dirinya jadi pemain banyak menorehkan aksi bertahan.

Fellaini juga mencatatkan rata-rata memenangi duel udara tertinggi dalam skuad United, yakni sebesar 3,5 per laga. Kemampuan ini yang jadi nilai lebihnya, terlebih lagi Mourinho sering memperagakan gaya bermain direct.

Hal tersebutlah yang membuat dia jadi pemain sangat penting di Old Trafford. Walaupun kadang dia sering memperagakan gaya bermain kasar (rata-rata pelanggarannya 1,6 per laga), dia memiliki nilai plus yang dapat dilihat Jose Murinho.

Maka, tidak heran dengan nilai statistik Fellaini itu, dirinya dianggap sebagai salah seorang aset krusial bagi United. Tapi bila nantinya dia kembali berulah, bukan hal tidak mungkin bakal ada kejutan yang terjadi.