Film Korea Parasite Tembus 10 Juta Penonton
Film Korea Parasite Tembus 10 Juta Penonton

Film Korea Parasite (2019) sudah tayang sejak 21 Juni 2019 lalu. Jika melihat poster dan trailernya saja, banyak penonton yang bakal terkecoh dengan jalan cerita film ini. Sebab, antara poster dan video cuplikan dengan film aslinya terkesan susah disambungkan. Orang tentu mengira film ini akan bergenre thriller horor dengan penuh adegan kelam. Ternyata, tidak sepenuhnya seperti itu.

Film arahan sutradara Bong Joon Ho ini berkisah seputar kehidupan keras yang dialami oleh keluarga Ki-taek (Song Kang Ho). Ki-taek, bersama anggota keluarganya Chung-sook (Chang Hyae-jin), Ki-woo (Choi Woo-shik), dan Ki-jung (Park So-dam) hidup miskin dan tinggal di apartemen bawah tanah yang kumuh dan banyak serangga. Keluarga ini tidak memiliki pekerjaan, dan mereka mau melakukan pekerjaan serabutan apapun asal menghasilkan uang.

Sampai suatu hari, Ki-woo ditawari untuk menjadi guru les Bahasa Inggri oleh temannya, untuk mengajar di keluarga Park yang kaya raya. Merasa seperti kejatuhan durian runtuh, Ki-woo rela berbohong dan menutupi latar belakang aslinya demi bisa bekerja di keluarga Park. Belum sampai di situ, Ki-woo juga merekomendasikan seluruh keluarganya untuk ikut bekerja di rumah kaya raya tersebut. Bagaimana kisah Ki-woo, Ki-taek, dan seluruh keluarganya akan berlanjut?

Film Parasite ini berani mengangkat cerita yang sangat realistis. Sutradara berhasil menyuguhkan realita sosial yang timpang antara keluarga Park yang super tajir dengan keluarga Ki-taek yang amat fakir. Alur film ini boleh dibilang sangat sulit ditebak. Setiap menit penonton bakal disuguhi adegan berbeda dan tidak sesuai dugaan. Lalu tiba-tiba sutradara mengajak penonton melalui kisah misterius yang ajaib. Maka, tidak salah jika dikatakan antara poster dan video cuplikan dengan film aslinya terdapat keterjalinan yang absurd.

Tidak seperti banyak film Bong Joon Ho sebelumnya, seperti The Host (2006), Snowpiercer (2013), dan Okja (2007), film Parasite lebih terkesan nyata. Film ini menampilkan dengan blak-blakan sifat kapitalisme dan hirarki kelas sosial yang kadang amat tidak adil. Unsur kritik dibawakan dengan brilian lewat dialog, mimik, dan gestur para karakter.

Tidak banyak karakter yang ditampilkan dalam film Parasite ini, hanya 13 orang termasuk para figuran. Bong Joon Ho seperti ingin membuat penonton lebih fokus pada apa yang disampaikan dalam film. Dibintangi aktor dan aktris senior serta aktor muda berbakat, dan didukung juga oleh Lee Sun-kyun (Mr. Park) dan Jo Yeo-jeong (Istri Mr. Park) serta Park Seo Joon, membuat film Parasite ini benar-benar jempolan dari segi akting.

Film yang lebih membidik psikologi penonton ini bakal membosankan seandainya tidak disokong oleh sinematografi yang ciamik. Unsur horor yang tertangkap melalui poster tetap ada, hanya bukan hantu yang menciptakan kesan horor itu. Film Parasite seperti ingin menitipkan pesan moral bahwa monster paling brutal di dunia ini adalah manusia.

Oh ya, mengapa judulnya Parasite? Menjelang berakhirnya film, pertanyaan ini baru terjawab. Rupanya Parasite merupakan adaptasi denotatif dari parasit, sesuatu yang hanya bisa menyedot keuntungan dari inang yang dihinggapinya. Melihat jalan cerita film serta endingnya yang membuat penonton tercengang, judul ini bisa dikatakan sangat pas.

Di negaranya sendiri, Korea Selatan, film ini jadi andalan Box Office dan sudah ditonton oleh 10 juta orang. Film Parasite juga berhasil menggondol piala termahal Palme d’Or pada ajang penghargaan film Festival Cannes 2019 di Perancis. Situs review film Rotten Tomatoes pun mengganjar film ini dengan skor 8,6/10 yang membuatnya sangat recommended untuk ditonton. Film Parasite bisa ditonton melalui jaringan bioskop Indonesia CGV, Cinemaxx, dan FLIX. Saat ini sudah tersedia jika ingin nonton film Korea Parasite 2019 subtitle Indonesia seperti di situs nonton streaming bola dan film bioskop online NOBAR.FUN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here