Ujicoba Ganjil Genap Tol Cikampek Hoax

Pada Senin (21/08), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba ganjil genap diundur.

ELANGNEWS.COM – Uji Coba Ganjil Genap Tol Cikampek Ditunda. Berdasarkan isu yang beredar di masyarakat uji coba pembatasan kendaraan berdasarkan nomor polisi ganjil-genap rencananya akan mulai pada selasa, 22 agustus 2017 esok. Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek akan menerapkannya, dari Gerbang Tol Bekasi Barat sampai Semanggi pada jam-jam sibuk.

Di sekitar jalan tol Jakarta Cikampek ini belum ada rambu-rambu maupun seperti tanda-tanda pemberitahuan akan ada terkait kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil-genap di sepanjang jalan tol Jakartaa-Cikampek. Hal ini akan di berlakukan besok Selasa 22 Agustus 2017, kebijakan ini akan di uji cobakan di spanjang jalan tol Jakarta-Cikampek untuk mengurangi beban jalan yang setiap harinya memang selalu macet terutama jika pagi hari dari arah Bekasi menuju ke tengah kota Jakarta.

Akan tetapi, Duwimawan Heru membantah pada tanggal 22 Agustus 2017 akan ada kebijakan terkait dengan pembatasan kendaraan dengan system ganjil-genap.

Sebelumnya Badan pengelola Transportasi Jabodetabek BPTB mengaku telah mengkaji sistem kendaraan dengan nomor ganjil-genap yang berlaku mulai pintu tol bekasi barat pada pagi hari, namun Kementerian Perhubungan masih melakukan evaluasi terkait rencananya. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rencana sistem ganjil genap di tol Cikampek akan di bicarakan pada Kamis mendatang dengan melibatkan Kepolisisan, Kementerian Pekerjaan Umum, dan instansi terkait lainnya.

“Hari Kamis saya akan lakukan FGD, kemarin itu Tes the Water. Kita test the Water, kalau ganjil genap itu seperti apa, reaksinya kan cukup banyak pro dan kontra. Hari Kamis kita rapatkan setelah ketemu kita baru tetapkan apa yang akan di lakukan di sana. Karena kita tidak mau ada suatu keputusan tanpa sosialisasi tanpa di dasarkan undang-undang yang benar. Jadi kita sengaja kemarin sampaikaan genap ganjil reaksi masyarakat seperti apa,”jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya PT Jasa Marga menunggu regulasi dari pemerintah soal penerapan plat ganjil genap di tol Jakarta Cikampek. Kepala Humas PT Jasa Marga Hnadoyono menyatakan pihaknya belum menerima keputusan dan juga rencana penerapan wacana system ganjil genap kendaraan di ruas jalan tol Jakarta Cikampek .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here