OJK Berharap Investor Lokal Mampu Topang Pasar Modal

Elangnews- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapresiasi langkah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dua lembaga tersebut baru saja meneken perjanjian kerja sama terkait pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan, dan kartu penduduk elektronik (KTP-el) dalam layanan jasa pasar modal. Perjanjian ini diharapkan mendorong keterlibatan investor domestik lantaran registrasi ke pasar modal semakin cepat.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menerangkan, investor domestik dalam negeri masih sangat kecil jika dibanding jumlah penduduk. Oleh karena itu, jumlah investor dalam negeri perlu didorong.

“Jumlah investor di Indonesia dibanding jumlah penduduk kita masih sangat kecil, dan mungkin kita masih yang paling kecil di ASEAN,” kata dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa (22/11/2016)

Dia juga mengatakan, investor dalam negeri juga masih terpusat di Jakarta dan Surabaya.  Dengan pemanfaatan data kependudukan itu maka registrasi di pasar modal di semua wilayah semakin cepat dan diharapkan bisa mendorong jumlah investor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here