ELANGNEWS.COM – Najwa Shihab, Presenter Mata Najwa MetroTV Keturunan Habib. Najwa Sihab, siapa sih yang tidak tahu nama presenter terkenal dari salah satu stasiun tv swasta Indonesia Metro tv. Pada hari selasa tanggal 9 Agustus 2017 kemarin, dikabarkan telah mengundurkan diri dari dunia pertelevisinan. Dalam akun twitternya, @najwashihab menuliskan ”Menjadi reporter Metro TV pada bulan Agustus 2000, perjalanan saya bersama Metro TV juga akan berakhir pada bulan yang sama. Ini adalah Agustus penghabisan”.

Selama 17 tahun berkarir di Metro Tv membuat Najwa Shihab berada di puncak popularitasnya. Tidak heran jika keluarnya presenter papan atas ini begitu disayangkan, sebab Najwa Sihab atau yang kerap dipanggil Nana ini begitu berani menghujami pertanyaan-pertanyaan yang tajam kepada narasumber papan atas.

Mengenai kehidupan Najwa Sihab, ternyata usul punya usul Nana tersebut merupakan putri kedua dari seorang mufassir terkenal Indonesia sekaligus seorang menteri keagamaan pada era Suharto beliau adalah bapak Quraish Shihab.

Dari sang bapak Quraish Shihab, ternyata mempunyai garis keturunan dari Nabi atau yang biasa disebut habib. Habib Ahmad Muhammad bin Alatas mengatakan, asal-usul nama habib pertama kali berasal dari Yaman, kemudian Indonesia, Afrika, dan India.

Orang-orang yang mempunyai gelar habib itu biasanya dicintai, sebab mereka mempunyai keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Habib dimanapun dan kemanapun berhijrah pastilah diterima dengan senang hati dan sangat pandai untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Dalam keluarga Quraish Shibab, tidak pernah menggunakan kata gelar habib, sebab menurut bapak Quraish Shibab panggilan itu mengandung sebuah pujian. Sedangkan menurut bapak mufassir Indonesia ini dalam buku karya Mauludin Anwar, Latief Siregar, dan Hadi Mustofa beliau menulis ”Saya merasa, saya butuh untuk dicintai, dan saya ingin mencintai. Tapi rasanya saya belum wajar untuk jadi teladan. Karena itu saya tidak dan belum ingin dipanggil oleh sebutan Habib itu.”

Karena berdasarkan ajaran sang Ayah sekaligus kakek Najwa Sihab, Prof. KH. Habib Abdurrahman jangan terlalu menonjolkan garis keturunan. Keluarga Quraish Shihab hanya mau dipanggil dengan sebutan habib oleh cucu-cucu mereka, karena sebagai ganti panggilan kakek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here