Meski Harga Turun Secara Bertahap, Cabai Masih Berkutat di Harga Mahal

Elangnews- Harga cabai di pasar tradisional mulai turun secara bertahap. Namun meskipun mengalami penurunan, pedagang masih menganggap harga cabai masih relatif mahal.

Siti Fathonah (46), pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, harga cabai keriting merah saat ini di kisaran Rp 65 ribu per kg. Harga tersebut turun Rp 5.000 per kg jika dibandingan dengan awal pekan yang ada di angka Rp 70 ribu per kg.

Sedangkan untuk harga cabai rawit merah mengalami penurunan yang lebih tajam yaitu sekitar RP 10.000 per kg. Saat ni, harga cabai rawit merah di kisaran Rp 50 ribu per kg. Sedangkan di awal pekan masih di kisaran Rp 60 ribu per kg.

“Kemarin mahal-mahal harganya tapi sudah turun. Standarnya itu sebenarnya paling mahal Rp 40 ribu per kg keriting, tapi beberapa bulan itu langsung naik-naik. Rawit juga sama,” kata dia kepada media di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Siti melanjutkan, kenaikan harga cabai disebabkan oleh musim penghujan. Beberapa daerah mengalami banjir sehingga distribusi mengalami hambatan. Karena terlalu lama di jalan, beberapa cabai mengalami pembusukan. Selain itu, beberapa daerah pemasok cabai mengalami banjir sehingga panen gagal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here