Mengejutkan di Daerah Bantul Ada Desa Wisata Jamu Gendong

Elangnews – Ada kabar baik bagi Anda para pencinta ramuan jamu. Di Yogyakarta, tepatnya di Desa Kiringan, Canden, Jetis, Bantul kini telah dibangun Desa Wisata Jamu Gendong.

Markus Sutrisno Pemandu wisata Desa Kiringan mengatakan, tak hanya jamu, desa wisata ini juga ditemukan produk pengembangan dari jamu, mulai dari permen jamu, sirup jamu, hingga es krim dan sabun jamu.

“Jamu gendong itu bisa diminum 12 jam. Kalo ada tamu malam hari gimana, makanya jamu dibikin sirup. Sirup siap minum. Satunya kayak sirup lain dengan dihangatkan air dulu. Sirup bertahan 3 bulan,” ujar Sutrisno kepada Liputan6.com beberapa waktu silam.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, sejak menjadi desa wisata pada 2015, Desa Kiringan mulai banyak dikunjungi wisatawan. Walaupun tidak setiap hari namun kedatangan wisatawan ini dapat menjadikan ekonomi warga juga ikut terangkat. Sebab produk-produk jamu kerap menjadi buah tangan para wisatawan, tak hanya domestik tapi juga wisatawan mancanegara. Bahkan banyak wisman yang ikut pelatihan, mengingat tempat ini juga dilengkapi lahan tanaman jamu untuk pembelajaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here