Liverpool vs Manchester City akan digelar dalam laga yang bertajuk Community Shield 2019.

Berdasarkan jadwal, pertandingan Liverpool vs Manchester City akan digelar pada hari Minggu (4/8) di Stadion Wembley, Inggris.

Liverpool vs Manchester City akan sama sama mengincar status sebagai juara Community Shield 2019 dan sama sama akan berjuang demi trofi bergengsi itu.

Jelang laga resmi pertama melawan Manchester City, Liverpool memiliki fakta menarik soal tren yang kurang bagus di laga pramusim.

Liverpool tak menjalani laga sebelum digelarnya musim resmi secara sempurna. Tim berjulukan The Reds itu hanya mampu meraih satu kemenangan dari lima laga yang mereka lakoni.

Bahkan, Liverpool sudah mencatatkan tiga kekalahan, satu hasil imbang, dan satu kemenangan. Kekalahan Liverpool diderita ketika menghadapi Napoli, Sevilla, dan Borussia Dortmund.

Saat melawan Napoli, Liverpool kalah telak dengan skor 0-3. Kemudian ketika menghadapi Sevilla, Liverpool tunduk dengan skor 1-2, dan saat menantang Brorussia Dortmund mereka kalah dengan skor tipis 2-3.

Liverpool juga mencatat hasil imbang saat menghadapi Sporting CP dengan skor akhir 2-2 dan menang melawan Lyon dengan skor 3-1.

Satu kemenangan yang diraih Liverpool dalam lima laga itu ternyata cukup untuk membuat pelatihnya yakni Juergen Klopp merasa was was.

Juergen Klopp juga sudah mengantongi performa minus dari anak didiknya ketika menjalani tur pramusim tersebut. Salah satu kelemahan Liverpool di laga pramusim adalah lemah ketika menghadapi serangan balik.

Menurut Juergen Klopp, hal tersebut tentu akan menjadi perhatian karena lawannya di Community Shield adalah Manchester City yang dia akui sulit ditaklukkan.

“Kita lihat seperti tahun lalu, laga melawan Manchester City adalah laga yang paling sulit untuk dilakukan sepanjang musim. Sedangkan pada laga kontra Napoli, kami tak menahan serangan balik dengan baik,” kata Klopp.

Di sisi lain, Liverpool juga diakui Klopp memiliki kelemahan ketika menjalankan strategi penguasaan bola. Menurut Klopp, anak asuhnya kehilangan bola pada momen yang salah saat menjalani laga pramusim.

Klopp pun mengaku cemas apabila kesalahan kesalahan tersebut masih terjadi pada skuad Liverpool ketika menghadapi Manchester City, ambisi untuk memenangi Community Shield 2019 bisa saja buyar.

“Kami juga kehilangan bola pada saat yang salah, serta kami tak melindungi bola dengan baik. Seandainya itu terjadi saat lawan Manchester City, maka kami tak punya peluang untuk menang,” tutur Klopp.

Klopp juga membahas soal Sadio Mane yang absen saat menjalani laga pramusim. Sadio Mane tak bisa ikut dalam tur pramusim karena masih menjalani liburan setelah membela negaranya di Piala Afrika 2019.

Klopp mengaku tak ingin memaksa para pemain yang baru kembali setelah membela negaranya untuk langsung turut serta dalam laga pramusim sebelumnya, karena terlalu berisiko.

Namun demikian, pelatih berkebangsaan Jerman itu mengisyaratkan bahwa Liverpool akan tampil dengan kekuatan maksimum ketika menghadapi Manchester City nanti.

“Kami tak bisa mengambil risiko. Kami harus melihat siapa yang siap berlatih, siapa yang siap bermain. Tentu, kami harus pastikan bahwa kami punya pemain yang bisa memberikan kesempatan untuk menang,” ujar Klopp.

“Kami dan Man City sudah saling mengenal untuk tahu bahwa laga Minggu nanti akan berbeda dari pramusim,” kata dia.

Manchester City berhak untuk memperebutkan trofi Community Shield 2019 berkat keberhasilan mereka yang menjuarai Liga Inggris 2018/2019 dan Piala FA 2018/2019.

Sementara itu, Liverpool berhak melawan Manchester City di laga Community Shield 2019 karena berada di peringkat kedua Liga Inggris musim 2018/2019.