ELANGNEWS.COM – Lini Depan PSG Sudah Mumpuni, Tapi Bagaimana Dengan Lini Belakang?. PSG adalah rajanya Liga Prancis di beberapa musim ini. Tapi pada musim lalu, hegemoni mereka di ranah Prancis harus terhenti ditangan AS Monaco. Di ajang Ligue 1 musim depan, yang akan dihelat Sabtu nanti, PSG berhasrat untuk bisa mengembalikan hegemoni mereka.

Saat pertandingan bertajuk Trophee des Champions kontra AS Monaco, pelatih Unai Emery memakai formasi menarik. Dia menerapkan skema 4-3-3, dengan menurunkan Dani Alves bukan di posisi naturalnya (full back), justru diposisi winger. Hasilnya, walaupun tak terlalu terlihat pada babak pertama, mereka mulai memperlihatkan tajinya pada babak kedua. Serangan PSG semakin membabi buta, terutama lewat sisi yang ditempati Alves.

Jika melihat hasil yang diperlihatkan PSG di kompetisi Trophee des Champions, walaupun mereka berhasil menjuarai dengan menghempaskan AS Monaco dengan hasil 2-1, cukup banyak yang harus dibenahi PSG, khususnya di sektor bertahan yang sering mendapat serangan mematikan dari pergerakan impresif pemain AS Monaco.

Mentalitas yang merata disemua lini jadi perhatian Emery. Oleh sebab itu, dari musim lalu, dia mulai sering menurunkan pemain muda seperti Presnel kimpembe, Alphonse, Christoper Nkunku, dan Adrien Rabiot. Hal itu semata untuk membentu mental dari pemain muda, supaya tak merasa canggung saat tampil di partai besar.

Pekerjaan lain pelatih asal Spanyol tersebut ialah bisa membangkitkan mental para pemain bintangnya. Tak adanya sosok Zlatan Ibrahimovic membuat pemain bintangnya jadi kumpulan pemain yang memiliki ego yang susah diatur. Hal itulah, dikutip The Guardian, yang jadi alasan sulitnya PSG bersaing melawan Monaco di liga domestik musim lalu.

Menjelang dan saat memasuki Ligue 1 nanti, Soal di lini bertahan serta masalah mentalitas itulah yang harus segera dibenahi PSG. Hadirnya sejumlah pemain anyar memang dapat memberi Emery keleluasaan memakai skema dan taktik yang berbeda, tapi hal tersebut juga harus diiringi mentalitas menang dari pemainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here