ELANGNEWS.COM – UEFA Rilis Pernyataan, Kemenangan Manchester United Di Final Liga Eropa Tercoreng. Juaranya Manchester United di kancah Liga Eropa musim lalu meninggalkan sedikit permasalahan. Laman resmi UEFA baru merilis pernyataan jika United telah terbukti jelas melanggar aturan tentang kewajiban tes doping yang menimpa Phil Jones dan Daley Blind, setelah laga final kontra Ajax Amsterdam dengan skor 2-0.

Setiap klub memiliki tanggung jawab memastikan pemainnya untuk menjalani tes doping yang berada di ruang kontrol selepas dari lapangan begitu laga selesai,” demikian bunyi pernyataan UEFA. UEFA sendiri menyatakan United melanggar aturan tersebut lantaran tak mengarahkan 2 pemain tersebut untuk melakukan tes doping.

Phil Jones mendapat sanksi 2 kali larangan bermain di kancah Eropa serta denda sebesar 5 ribu euro, denda tersebut atas tuduhan mengeluarkan kata kasar dan menghina petugas doping. Dengan demikian, dia tidak dapat dimainkan di pertandingan Piala Super Eropa melawan Real Madrid 8 Agustus nanti serta laga pembuka Liga Champions babak grup.

Tidak hanya Jones saja, Daley Blind pun ikut terkena sanksi UEFA mengenai hal tersebut. Blind di anggap melakukan pelanggaran selepas tak memenuhi prosedus tes doping. Tapi tidak seperti Phil Jones, pemain berdarah Belanda itu hanya akan didenda sebesar 5 ribu euro, yang membuat Blind tetap ikut berlaga kontra Madrid.

United sendiri juga ikut terkena imbasnya dan didenda 10 ribu euro mengenai masalah ini. Walaupun demikian, semua vonis pada United serta pemainnya itu masih belum menjadi keputusan akhir lantaran United berhak melakukan banding.

Sebelum kasus ini, Eric Baily juga mendapat sanksi larangan 3 kali berlaga di pentas Eropa. Ia memperoleh sanksi itu karena kartu merah yang dia peroleh di pertandingan Manchester United melawan Celta Vigo di Semifinal Liga Eropa leg kedua. Bersamaan dengan ini, United juga mendapat peringatan dari UEFA lantaran terlambat memulai laga.

Dari hukuman-hukuman tersebut, artinya United tak akan menurunkan Jones dan Baily di sektor belakang. Meskipun begitu, mereka masih dapat menurunkan Bind yang diduetkan dengan Victor Lindelof dan jangan lupakan opsi bek sentral lainnya seperti Chris Smalling.