Insiden Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Malaysia Minta Maaf

Menpora, Imam Nahrawi mengunggah foto buku panduan SEA Games 2017 yang dibagikan ke tamu undangan pada seremonial pembukaan di Stadion Bukit Jalil, sabtu (19/8). Dalam buku tersebut, bendera Indonesia dicetak terbalik menjadi  berwarna putih merah, dan bukan merah putih.

ELANGNEWS.COM – Insiden Bendera Terbalik, Menpora Malaysia Temui Menpora Indonesia dan Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia. Terkait insiden bendera terbalik yang dicetak di buku souvenir SEA Games, Menteri Belia dan Sukan (Menpora-nya  Malaysia), Khairy Jamaluddin telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8) siang.

Dalam konferensi pers seuasai pertemuan tersebut, Khairy mengatakan, permintaan maaf tersebut tidak hanya disampaikan kepada Imam Nahrawi selaku Menpora, tetapi juga permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Saya baru tadi mengadakan pertemuan dengan Pak Imam (Menpora) berkenaan dengan kesalahan yang dibuat tuan rumah (Malaysia) dalam percetakan buku cendera mata yang diedarkan ke tamu kehormatan semalam.  Ada kesalahan besar percetakan bendera Indonesia yang dicetak terbalik. Ini suatu kesalahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada Pak Imam selaku Menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia,” kata Khairy seperti dalam rilis situs resmi kemenpora.go.id, Minggu (20/8).

Sementara Menpora Imam Nahrawi di pertemuan tersebut mengatakan bisa memaklumi apa yang disampaikan Khairy dan akan menyampaikan ke Presiden Joko Widodo. Imam berharap kejadian ini tidak terulang karena bagaimanapun, bendera adalah simbol negara.

“Kami memaklumi apa yang disampaikan pak Khairy dan akan menyampaikannya ke Presiden Joko Widodo. Dan saya berharap hal ini tak terulang karena apapun bendera adalah simbol negara yang harus dihormati dan SEA  Games adalah perhelatan yang dijunjung tinggi bersama,” katanya.

Sebelumnya, insiden bendera Indonesia terbalik menjadi viral setelah diperlihatkan Menpora Indonesia, Imam Nahrawi, di akun Twitter-nya. Imam mengunggah foto buku panduan SEA Games 2017 yang dibagikan ke tamu undangan pada seremonial pembukaan di Stadion Bukit Jalil, sabtu (19/8). Dalam buku tersebut, bendera Indonesia dicetak terbalik menjadi  berwarna putih merah, bukan merah putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here