Kehadiran kali pertama SBY dalam Upacara Kemerdekaan di Istana Negara setelah lengser sebagai Presiden Ke-enam RI

Presiden Joko Widodo mengajak Presiden ke tiga Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono untuk berfoto bersama.

ELANGNEWS.COM – HUT RI ke 72: SBY dan Megawati Bertemu di Istana Negara. Selain di warnai dengan beraneka ragam budaya Indonesia, Upacara Kemerdekaan kali ini , juga seakan mendapatkan hembusan angin sejuk dengan kehadiran semua mantan Presiden RI.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih tidak hadir. Namun, kali ini Presiden Indonesia ke enam itu hadir. Beliau bahkan menyempatkan bersalaman dengan Mantan Presiden ke lima, Megawati Soekarnoputri yang di sebut-sebut memiliki hubungan buruk dengan Presiden SBY.

Presiden Joko Widodo mengajak Presiden ke tiga Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono untuk berfoto bersama. Moment tersebut terjadi usai upacara bendera peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Begitu upacara selesai dilakukan, Jokowi langsung masuk kedalam Istana Merdeka di ikuti para tamu VVIP nya tersebut. Karena berlangsung di Istana Merdeka, para tamu undangan yang hadir tak bisa langsung melihat langsung moment keakraban presiden dan para mantan presiden tersebut.

Namun, moment tersebut tertangkap kamera yang disiarkan langsung ke tenda-tenda tempat duduk para tamu undangan. Megawati mengambil posisi paling tengah di apit oleh Jokowi dan JK. Habibie berada pada posisi paling kanan di sebelah Iriana.

Sementara SBY dan istrinya Ani Yudhoyono mengambil posisi paling kiri di sebelah wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla.

Setelah sesi pertama, tamu yang ikut berfoto bertambah, mulai dari mantan presiden Boediono dan istri Presiden ke empat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Ini adalah pertama kalinya SBY menghadiri upacara kemerdekaan di Istana setelah lengser sebagai Presiden Keenam RI. Pada HUT RI tahun 2015 dan 2016 lalu, SBY lebih memilih merayakan kemerdekaan di kampong halamanya di Pacitan. Sementara, Megawati juga tidak pernah hadir di Istana Negara selama sepuluh tahun SBY menjabat. Namun, begitu SBY lengser dan di gantikan Jokowi, megawati tak pernah absen merayakan hari kemerdekaan di Istana Negara.

Terakhir, pertemuan keduanya terjadi dalamsuasana duka saat meninggalnya suami Megawati, Taufiq Kiemas pada tahun 2013. SBY ketika itu memimpin upacara penghormatan terakhir kepada ketua MPR itu. Semenjak itu, mereka tak pernah berada dalam satu acara bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here