TNI AU Lakukan Gladi Bersih Atraksi Pesawat Tempur Untuk Peringati HUT RI ke 72 17 Agustus 2017

Para penerbang pesawat tempur dari Skuardon 16 Pekanbaru, Skuadron 11 Makasar yang terpilih melakukan simulasi atau gladi bersih

ELANGNEWS.COM – Gladi Bersih Pesawat Tempur Jelang Upacara 17 Agustus. Para anggota TNI AU mengelar gladi bersih atraksi pesawat tempur yang bakal tampil di upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus nanti. Pesawat temput jenis Sukoi SU 27 dan F 16 akan melakukan atraksi memukau yang di saksikan presiden dan tamu-tamu undangan Negara.

Ada Sembilan pesawat tempur yang nantinya akan terlibat dalam Flay Past dalam 17 Agustus 2017 besok. Tetapi, dari sembilan pesawat hanya enam pesawat yang nantinya akan tergabung dalam formasi Bombers yang akan melintas di atas langit Monas.

Enam pesawat yang terdiri dari tiga pesawat tempur jenis Sukoi SU 27 dan SU 30 serta tiga pesawat tempur F 16 buatan Amerika, akan melakukan atraksi pada pukul 10 pagi di atas Istana Negara dan kawasan Monas 17 Agustus besok.

Hari Selasa, 15 Agustus kemarin para penerbang pesawat tempur dari Skuardon 16 Pekanbaru, Skuadron 11 Makasar yang terpilih melakukan simulasi atau gladi bersih terakhir dari landasan militer Halim Perdana Kusuma.

Enam pesawat akan membentuk formasi V yang terbang dengan ketingian hanya 200 kaki di atas puncak Monas. Tiga pesawat F 16 berada di barisan depan, sementara tiga Sukoi buatan Rusia berada di belakangnya dengan selisih waktu enam detik. Kemudian ke enam pesawat melakukan manufer memecah formasi sebelumnya sambil mengeluarkan asap putih.

“Yang terlibat sementara ini, sesuai breafing dan gladi yang kemarin adalah enam pesawat yang terbang di atas. Untuk manufer dan bentuk Flek Past itu adalah kewenangan dari koordonator di udara, dalam ini adalah Asop kaup AU 1 .” ungkap Kolonel Fajar Ardiyanto.

Salah satu penerbang yang terlibat adalah, Letnan satu penerbang Nehemia Anang. Pilot kelahiran Yogyakarta 28 tahun lalui ini sudah menempuh lebih dari seribu jam menerbangkan pesawat tempur F 16.

Menurut Anang ada kesulitan tersendiri melakukan Flay Past di kota Jakarta yang langitnya cenderung berkabut.

“Selama Gladi bersih ini sementara tidak ada kendala, sebenarnya posisi di Jakarta ini memang identik dengan kabut, sehingga akan menyulitkan para penerbang para pilot untuk melihat trek yang akan dilaluinya.” Terang Nehemia Anang.

Seperti tahun-tahun lalu, aksi pesawat tempur ini akan di saksikan oleh Presiden dan tamu-tamu undangan Istana Negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here